logo


Sejumlah Anggota Rombongan Teruji Covid-19, Putin "Terpaksa" Isolasi Mandiri

Presiden Rusia memutuskan untuk menjalani isolasi mandiri setelah ia melakukan kontak dengan sejumlah orang yang teruji positif Covid-19

14 September 2021 22:00 WIB

Presiden Rusia Vladimir Putin
Presiden Rusia Vladimir Putin istimewa

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Presiden Rusia, Vladimir Putin, dikabarkan tengah menjalani isolasi mandiri setelah sejumlah orang yang mendampinginya selama beberapa pertemuan yang digelar pada Senin (13/9) jatuh sakit dan teruji positif Covid-19. Meski demikian, kantor kepresidenan Rusia pada Selasa (14/9) menegaskan bahwa sang Presiden saat ini dalam kondisi sehat dan tidak terinfeksi.

Kantor kepresidenan Rusia, Kremlin, menyatakan jika Putin memutuskan untuk melakukan isolasi mandiri setelah menyelesaikan sejumlah pertemuan penting pada Senin awal pekan ini, termasuk bertemu dengan Presiden Suriah Bashar Al Assad.

Selain itu, di hari yang sama, Putin juga bertemu dengan sejumlah atlet Paralimpic Rusia serta melakukan kunjungan ke wilayah perbatasan untuk menyaksikan kegiatan latihan militer gabungan Rusia-Belarusia.


Bukan Afghanistan, Empat Negara Ini Lebih Potensial untuk Kemunculan ISIS

"Masalah dengan Covid ini bahkan mulai muncul di rombongan saya," kata Putin, dikutip Reuters.

"Saya pikir saya terpaksa segera menjalani karantina mandiri. Banyak orang di sekeliling saya yang jatuh sakit," tambahnya.

Sementara itu, juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, mengatakan Putin sempat melakukan kontak dengan sejumlah orang yang kemudian teruji positif Covid-19.

"Tentu saja kami tahu siapa yang jatuh sakit dalam rombongan presiden dan isolasi mandiri tersebut tidak secara langsung mempengaruhi (jadwal) kerja sang Presiden," tegasnya.

"Tapi, hanya saja beliau untuk sementara waktu tidak bisa menghadiri pertemuan secara personal. Tapi hal itu tidak mempengaruhi frekuensi (pertemuan) dan presiden akan melanjutkan kegiatannya melalui video-konferens," tambah Peskov.

Saat ditanya apakah Putin teruji negatif Covid-19, Peskov menjawab: "Tentu saja iya, presiden sangat sehat."

 

Empat Kapal Perang China Dilaporkan Berlayar di Dekat Alaska, Aksi Balasan?

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia