logo


Warga Rusia Ditahan oleh Pemerintah Ceko Tanpa Alasan Jelas, Moskow Minta Penjelasan

Juru bicara Kemenlu Rusia mendesak pemerintah Republik Ceko menjelaskan motif dan alasan penangkapan seorang warga negara Rusia di bandara internasional Praha

14 September 2021 19:30 WIB

Bendera Rusia
Bendera Rusia istimewa

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Pemerintah Rusia menuntut Duta Besar Ceko untuk Rusia, Vitezslav Pivonka, untuk memberikan informasi rinci tentang alasan penahanan seorang warga negara Rusia di Praha. Hal tersebut disampaikan oleh juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova, pada Senin (13/9).

"Sehubungan dengan penahanan seorang warga negara Rusia A.[Aleksandr] Franchetti di bandara Praha berdasarkan perintah internasional Interpol yang dikeluarkan oleh Ukraina, kami menuntut selama percakapan dengan duta besar Ceko di Moskow, V. Pivonka, untuk memberikan informasi rinci tentang motif tindakan otoritas Ceko dan tuduhan terhadap warga Rusia tersebut," kata juru bicara itu, seperti dikutip dari pernyataan Kementerian Luar Negeri Rusia, dikutip Sputniknews.

Pihak Rusia juga memperingatkan duta besar bahwa "pendekatan destruktif" yang selama ini dilakukan oleh Praha terhadap Moskow serta warga negara Rusia akan menyebabkan memburuknya hubungan bilateral lebih lanjut. Ia juga memperngatkan jika hal itu tidak akan dibiarkan begitu saja tanpa ada tanggapan dari Moskow.


Skotlandia Siap Gelar Referendum setelah Krisis Covid-19 Berakhir

"Kedutaan Rusia di Republik Ceko mengirim catatan ke Kementerian Luar Negeri Ceko. Kami berharap adanya reaksi cepat dari pihak pemerintah Ceko atas permohonan dan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan kami," tambah Zakharova.

AS Bakal Ubah Nama Kantor Perwakilan Diplomatik Taiwan di Washington, Begini Reaksi China

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia