logo


Rusia Minta Komunitas Internasional Larang Penggunaan Senjata di Luar Bumi

Rusia kembali mendesak komunitas internasional membentuk sebuah mekanisme yang dapat digunakan untuk melarang penggunaan senjata di luar angkasa

14 September 2021 18:00 WIB

ISS, Stasiun Luar Angkasa Internasional
ISS, Stasiun Luar Angkasa Internasional istimewa

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Wakil Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Ryabkov, pada Senin (13/9) mengatakan jika Moskow meminta komunitas internasional untuk memulai negosiasi terkait pengembangan mekanisme global yang nantinya melarang pengerahan senjata ke luar angakasa.

“Tugas paling penting dalam skala global adalah mencegah perlombaan senjata di luar angkasa. Kami menyerukan peluncuran negosiasi pengembangan instrumen internasional yang mengikat secara hukum guna melarang penyebaran segala jenis senjata di luar angkasa, serta sebagai penggunaan kekuatan atau ancaman kekuatan terhadap objek luar angkasa," kata Ryabkov pada sebuah konferensi internasional yang diselenggarakan di Moskow, yang didedikasikan untuk peringatan 60 tahun penerbangan luar angkasa manusia pertama.

Ryabkov menambahkan bahwa hingga mekanisme semacam itu berhasil dibentuk, kendali senjata di luar angkasa diatur oleh inisiatif yang diusulkan Rusia yang disebut "No First Placement of Weapons in Outer Space", yang mewajibkan negara-negara peserta untuk menahan diri dari penyebaran sepihak segala jenis senjata di luar angkasa. Jumlah negara yang telah bergabung dengan inisiatif tersebut dikabarkan telah mencapai 30 dan terus bertambah.


Kapal Selam Misterius Terlihat Beroperasi di Dekat Wilayah Jepang, Milik China?

Ryabkov juga mengingat rancangan perjanjian Rusia-Cina yang diperbarui tentang pencegahan penempatan senjata di luar angkasa, yang mereka serahkan ke Konferensi Pelucutan Senjata di Jenewa tahun lalu.

Iran Kembali Ijinkan IAEA Awasi Fasilitas Nuklirnya

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia