logo


Peternak hingga Mahasiswa Ditangkap Usai Bentang Poster ke Jokowi, Okky Madasari: Persilakan Kritik, Tapi yang Kritik Direpresi

Presiden Jokowi sebelumnya mengaku tak mempermasalahkan kritik apapun asal tetap memperhatikan sopan santun dan tata krama.

14 September 2021 12:10 WIB

Okky Madasari
Okky Madasari Instagram

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Sastrawan Okky Madasari menyoroti serangkaian tindakan represi aparat terhadap masyarakat yang menyampaikan aspirasi kepada Presiden Joko Widodo. Dia menyesalkan bentuk kritikan berupa mural hingga poster justru dibalas dengan aksi penangkapan.

Padahal, Presiden Jokowi sebelumnya mengaku tak mempermasalahkan kritik apapun asal tetap memperhatikan sopan santun dan tata krama.

“Katanya mempersilakan kritik, tapi yang kritik direpresi,” cuitnya di akun Twitter @okkymadasari, disitat Selasa (14/9).


Harta Pejabat Menanjak saat Pandemi, Novel Bamukmin Curiga Ada Aliran Dana Bansos

Penulis buku Pasung Jiwa itu lantas membeberkan sejumlah peristiwa pahit yang dialami masyarakat usai melontarkan aspirasi. Di antaranya perburuan para pembuat mural bermuatan kritik.

Selain itu, peternak di Blitar, Jawa Timur diamankan polisi usai membentangkan poster bertuliskan 'Pak Jokowi bantu peternak beli jagung dengan harga wajar' saat rombongan mobil Presiden Jokowi melintas.

Teranyar, mahasiswa UNS diciduk aparat setelah membentangkan poster "Pak tolong benahi KPK" dan "Tuntaskan pelanggaran HAM di masa lalu" untuk menyambut kunjungan Presiden Jokowi.

“Katanya mural itu karya seni, tapi masih terus dihapusi dan diburu. Baru beberapa hari lalu peternak ayam di Blitar, hari ini mahasiswa UNS,” terang Okky.

Dari kenyataan yang ada, Okky lantas menilai Jokowi merupakan sosok pemimpin yang hanya mengobral janji manis. Sebab, apa yang dituturkan tak sesuai dengan realita di lapangan.

“Mohon maaf. Sekali lagi mohon maaf. Kalau bukan lip service apa lagi namanya?,” tegasnya.

Harta Pejabat Naik saat Pandemi, Iwan Sumule: Aneh...

Halaman: 
Penulis : Iskandar