logo


Iran Kembali Ijinkan IAEA Awasi Fasilitas Nuklirnya

Pemerintah Iran dikabarkan kembali memberikan akses kepada IAEA untuk melakukan pengawasan terhadap fasilitas nuklirnya

12 September 2021 20:29 WIB

Fasilitas pembangkit nuklir milik Iran
Fasilitas pembangkit nuklir milik Iran The Times of Israel

TEHERAN, JITUNEWS.COM - Badan Energi Atom Internasional (IAEA) dan Organisasi Energi Atom (AEOI) Iran setuju kembali menjalin kerja sama sehingga pemerintah Iran mengizinkan inspektur IAEA untuk mengakses kamera pengawas di fasilitas nuklir Iran.

Kesepakatan tersebut tercapai setelah Direktur Jenderal IAEA Rafael Grossi bertemu dengan wakil presiden dan kepala AEOI Mohammad Eslami pada akhir pekan ini.

“Cara dan waktunya disepakati oleh kedua belah pihak,” demikian pernyataan tertulis IAEA dan AEOI, dikutip RT.com.


Belarusia Beli Sistem Pertahanan S-400 dari Rusia, Lukashenko: Saya Sangat Berterima Kasih

Selain itu, diumumkan juga bahwa Grossi akan kembali ke Teheran dalam “waktu dekat” untuk “mengadakan konsultasi tingkat tinggi dengan pemerintah Iran dengan tujuan meningkatkan kerja sama antara Iran dan IAEA di berbagai bidang dan membahas isu-isu terkini tentang kepentingan bersama.”

“Dalam pertemuan ini semua pihak mengingatkan dan menegaskan kembali semangat kerja sama dan saling percaya serta kelanjutannya dan menekankan pada perlunya mengatasi masalah yang relevan dalam suasana yang konstruktif dan secara eksklusif secara teknis,” tambahnya.

Perjanjian baru tersebut merupakan perkembangan besar untuk diskusi mengenai kesepakatan nuklir Iran setelah sebelumnya pemerintah Iran melarang IAEA untuk mengakses materi dan kamera pengawasan dari fasilitas nuklirnya.

 

Kapal Selam Misterius Terlihat Beroperasi di Dekat Wilayah Jepang, Milik China?

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia