logo


Kapal Selam Misterius Terlihat Beroperasi di Dekat Wilayah Jepang, Milik China?

Sebuah kapal selam terdeteksi beroperasi di dekat Pulau Yokoate pada Minggu (12/9) dan Kemenhan Jepang meyakini jika itu adalah kapal selam China

12 September 2021 20:17 WIB

Ilustrasi Kapal Selam
Ilustrasi Kapal Selam istimewa

TOKYO, JITUNEWS.COM - Kementerian Pertahanan Jepang pada Minggu (12/9) mengatakan bahwa sebuah kapal selam terlihat beroperasi di dekat wilayah pulau Yokoate di sebelah selatan. Kapal selam tersebut diyakini merupakan kapal selam milik China.

Menteri Pertahanan Jepang Nobuo Kishi telah menginstruksikan kepada pasukan Angkatan Laut Jepang untuk mengumpulkan informasi dan terus mengawasi pergerakan kapal selam yang berlayar ke arah barat tersebut.

Sebelumnya, pada Jumat (10/9), Angkatan Laut Jepang juga sudah menemukan sebuah kapal selam yang berlayar di dekat pulau Amami Oshima, yang masih merupakan bagian dari prefektur Kagoshima. Menurut Kementerian Pertahanan Jepang, sebuah kapal perang China juga terlihat beroperasi di dekatnya.


Sebagian Besar Warga AS Kecewa dengan Kinerjanya, Joe Biden: Saya Paham

Dalam beberapa tahun terakhir, Tokyo telah berulang kali menyuarakan keprihatinan mereka atas kegiatan militer China di kawasan itu, terutama yang berkaitan dengan Kepulauan Senkaku yang diperebutkan oleh kedua negara.

Tokyo mengklaim memiliki kedaulatan atas pulau-pulau itu sejak tahun 1895, sementara Beijing berpendapat bahwa mereka ditandai sebagai wilayah Tiongkok di peta Jepang bertanggal 1783 dan 1785.

China mengklaim bahwa pulau-pulau itu disita secara ilegal oleh Jepang. Tokyo, pada bagiannya, menunjukkan bahwa China baru tertarik pada pulau-pulau itu pada 1970-an karena wilayah di dekatnya ternyata menyimpan cadangan minyak dalam jumlah besar.

Belarusia Beli Sistem Pertahanan S-400 dari Rusia, Lukashenko: Saya Sangat Berterima Kasih

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia