logo


Belarusia Beli Sistem Pertahanan S-400 dari Rusia, Lukashenko: Saya Sangat Berterima Kasih

Presiden Belarusia mengatakan bahwa pihaknya saat ini tengah bernegosiasi dengan Rusia perihal pembelian alutsista senilai lebih dari USD 1 Miliar

12 September 2021 20:01 WIB

Presiden Belarus Alexander Lukashenko
Presiden Belarus Alexander Lukashenko istimewa

MINSK, JITUNEWS.COM - Presiden Belarusia Alexander Lukashenko mangatakan kepada para wartawan jika pihaknya berencana melakukan pembelian persenjataan buatan Rusia senilai lebih dari USD 1 Miliar yang akan dikirimkan pada 2025 mendatang.

“Saya sangat berterima kasih kepada pemerintah, militer dan industri pertahanan Rusia karena sudah menyetujui seluruh daftar senjata yang akan ada di sini pada tahun 2025. Memang, sekitar selusin pesawat ... beberapa di antaranya telah tiba. Ini beberapa lusin helikopter, TOR-M2...Jumlah totalnya tidak saya sebutkan, meskipun ini bukan rahasia besar, (tapi nilainya) lebih dari $1 miliar," kata Lukashenko.

Dia menambahkan bahwa Minsk juga telah bernegosiasi dengan Moskow untuk pembelian sistem pertahanan udara S-400.


Moskow Punya Bukti Upaya Intervensi AS dalam Pemilu Parlemen Rusia

"Kami sedang dalam pembicaraan dan merencanakan pembelian [sistem] S-400", kata Lukashenko, seperti dikutip oleh kantor berita BelTA.

Lukashenko juga mengatakan bahwa dia sudah diberi pengarahan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin selama pembicaraan mereka di Moskow awal pekan ini tentang sistem S-500 yang lebih modern, yang dapat menghancurkan rudal balistik.

Kedua presiden tersebut bertemu di Kremlin pada Kamis (9/9) dan membahas mengenai upaya peningkatan integrasi ekonomi antara kedua negara.

 

Sebagian Besar Warga AS Kecewa dengan Kinerjanya, Joe Biden: Saya Paham

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia