logo


Moskow Punya Bukti Upaya Intervensi AS dalam Pemilu Parlemen Rusia

Juru bicara Kemenlu Rusia mengatakan jika pihaknya bisa membuktikan jika AS benar-benar mencoba mengintervensi pemilu parlemen Rusia

12 September 2021 11:07 WIB

Bendera Amerika Serikat dan Rusia
Bendera Amerika Serikat dan Rusia istimewa

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova, mengatakan bahwa pihaknya sudah memiliki sejumlah bukti upaya AS mengintervensi urusan dalam negeri Rusia dan proses pemilu parlemen. Zakharova juga mengatakan bahwa bukti tersebut sudah ditunjukkan kepada sejumlah pejabat pemerintah Amerika Serikat.

"Kami menjelaskan situasi menggunakan fakta spesifik yang menunjukkan bahwa platform internet yang terletak di wilayah AS dan yang dimiliki dan dimoderasi oleh monopoli internet Amerika bahwa ada tindakan intervensi yang jelas dan terdokumentasi dalam proses internal kami - proses politik, proses pemilihan," kata Zakharova , berbicara kepada media Rusia pada Sabtu (11/9).

Menurutnya, AS sejauh ini masih belum mengeluarkan pernyataan untuk merespon tuduhan yang dilontarkan oleh Rusia tersebut.


AS Minta Ukraina dan Polandia Lakukan Mitigasi Potensi Ancaman Nord Stream 2

Kementerian Luar Negeri Rusia pada Jumat (10/9) telah memanggil duta besar AS John Sullivan untuk datang ke kantor Kemenlu Rusia di Moskow untuk menjelaskan dugaan intervensi AS dalam pemilu parlemen Rusia yang akan digelar 17-19 September mendatang.

"Saya sudah membaca tiga versi (alasan) pemanggilan duta besar AS ke kantor Kementerian Luar Negeri Rusia tersebut," kata Zakharova.

"Kemenlu sangat mengetahui alasan sebenarnya pemanggilan tersebut. Hanya ada satu alasan - intervensi dalam pemilu Rusia. Kita berharap ini akan dilaporkan oleh para diplomat AS ke Washington, dan bukan dengan cara mereka menuliskannya dalam siaran pers kantor kedubes AS, yang bertolak belakang dengan realita," tambahnya.

Peringatan 20 Tahun Insiden 9/11, Israel: Serangan terhadap Amerika Serikat adalah Serangan terhadap Kami

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia