logo


Kirim Bantuan BBM ke Lebanon, Iran Dianggap Raih Kemenangan Besar atas Sanksi AS

Hizbullah menyambut baik langkah Iran mengirimkan bantuan BBM untuk atasi krisis di Lebanon

12 September 2021 05:00 WIB

Iran-AS
Iran-AS CGTN

BEIRUT, JITUNEWS.COM - Pengiriman bahan bakar Iran ke Lebanon adalah "kemenangan besar Teheran" dalam melawan sanksi Amerika Serikat. Hal itu disampaikan oleh wakil kepala Hizbullah Naim Qassem.

"Kapal-kapal bermuatan diesel adalah pencapaian politik, sosial, dan moral dalam menghadapi penindasan AS dan kejahatannya terhadap kemanusiaan," kata Qassem, berbicara di sebuah forum di Lebanon pada hari Jumat (10/9), dikutip Sputniknews.

Pejabat itu menyarankan bahwa "transformasi" yang terjadi di Lebanon bertentangan dengan skema yang dibayangkan oleh AS dan Israel - musuh bebuyutan Hizbullah, dan menekankan bahwa kelompok militan tersebut akan selalu siap dalam menghadapi "pengepungan" Amerika Serikat dan menghadapi pendudukan Israel di Lebanon.


China Minta Vietnam Tak Bikin Situasi Laut China Selatan Semakin Rumit

Qassem meminta negara tetangganya di kawasan Timur Tengah untuk menunjukkan solidaritas dengan meningkatkan kerjasama dengan Beirut. Ia mencatat bahwa Lebanon akan menyambut setiap dukungan tanpa syarat yang ditawarkan kepada mereka.

Seperti diketahui, Lebanon telah menghadapi krisis bahan bakar yang parah yang mempengaruhi sektor swasta dan publik, termasuk sejumlah sektor kritis seperti layanan kesehatan dan transportasi, yang lumpuh akibat kelangkaan tersebut.

Sementara itu, kelompok militan Hizbullah selama ini diketahui memainkan peran utama dalam bidang politik di Lebanon. Bulan lalu, pemimpin gerakan Syiah tersebut, Hassan Nasrallah, mengumumkan bahwa Iran telah sepakat untuk mengirimkan pasokan bahan bakar ke Lebanon. Pengiriman tersebut akan tetap dilakukan meskipun mendapat tekanan dari AS pada negara-negara ketiga lainnya.

Serangan Houthi Yaman ke Arab Saudi Meningkat, AS Malah Tarik Sistem Pertahanan Udaranya

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia