logo


China Minta Vietnam Tak Bikin Situasi Laut China Selatan Semakin Rumit

Menteri Luar Negeri China berkunjung ke Vietnam dan bertemu dengan sejumlah pejabat pemerintahan, termasuk wakil presiden Pham Binh Minh

11 September 2021 17:04 WIB

Menteri Luar Negeri China Wang Yi
Menteri Luar Negeri China Wang Yi China Daily

BEIJING, JITUNEWS.COM - Menteri Luar Negeri China Wang Yi telah mengatakan kepada seorang pejabat tinggi Vietnam bahwa kedua negara harus menahan diri dari tindakan sepihak mengenai Laut China Selatan yang dapat membuat situasi di kawasan tersebut semakin rumit dan memperbesar perselisihan diantara kedua negara.

Dilansir dari Reuters pada Sabtu (11/9), saat bertemu dengan Wakil Perdana Menteri Vietnam, Pham Binh Minh, Wang Yi mengatakan bahwa kedua negara harus menghargai perdamaian dan stabilitas yang diraih dengan susah payah di kawasan Laut China Selatan, dan mewaspadai intervensi pihak luar.

Pada hari Jumat, Vietnam mengumumkan bahwa pemerintah China akan menyumbangkan tiga juta dosis vaksin COVID-19 lagi tahun ini, sehingga total sumbangan vaksin China ke negara Asia Tenggara tersebut menjadi 5,7 juta dosis.


Covid-19 di Jepang Belum Reda, Aturan Pembatasan Diperpanjang hingga Akhir September

Sementara China dan Vietnam telah mempertahankan hubungan ekonomi dan diplomatik yang kuat, ketegangan juga meletus dalam beberapa tahun terakhir karena perselisihan mereka atas wilayah di Laut China Selatan.

Pada bulan Maret lalu, juru bicara Kementerian Luar Negeri Vietnam Le Thi Thu Hang mengeluh bahwa kapal-kapal China di Whitsun Reef, yang disebut Hanoi sebagai Da Ba Dau, telah melanggar kedaulatannya.

Redam Peran AS di Asia-Pasifik, China Ingin Tingkatkan Kerja Sama Ekonomi dengan ASEAN

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia