logo


Pesawat AS Terbang di Dekat Taiwan, Angkatan Udara China: Segera Menjauh atau...

Sebuah video yang dirilis oleh The Global Times menunjukkan Angkatan Udara China memperingatkan pesawat terbang militer AS untuk segera menjauh dari wilayah udara China

11 September 2021 11:30 WIB

Ilustrasi Pesawat tempur China
Ilustrasi Pesawat tempur China istimewa

BEIJING, JITUNEWS.COM - Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA), pada Jumat (10/9) merilis sebuah video yang menunjukkan seorang pilot mereka tengah memberikan peringatan kepada sebuah pesawat terbang militer AS yang beroperasi di dekat wilayah Taiwan.

"Ini pasukan Angkatan Udara China. Anda mendekati teritorial udara China. Segera menjauh atau anda akan kami halau," kata seorang pilot pesawat tempur China dalam video yang dirilis melalui akun Twitter The Global Times tersebut.

Sejumlah pengamat meyakini jika itu Angkatan Udara China mengerahkan sejumlah pesawat tempur, termasuk jet SU-30 dan J-16 untuk menghalau pesawat patroli maritim P-8 milik tentara AS tersebut.

Insiden itu terjadi sehari setelah Taiwan menuduh China mengirim hampir dua lusin pesawat tempur, termasuk pembom berkemampuan nuklir, ke zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) Taiwan.

Sebelumnya, Pesawat patroli maritim P-8 milik tentara AS dilaporkan terbang di sebelah barat daya lepas pantai Taiwan pada 6 September lalu.

Taiwan sejauh ini telah menjadi salah satu titik pertikaian antara AS dan China. Pada hari Jumat, kementerian luar negeri China mengatakan bahwa prinsip satu-China adalah dasar dari politik hubungan China-AS.

Pakar Kesehatan AS Nggak Yakin Varian Mu Bisa Geser Dominasi Varian Delta

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia