logo


Kemenlu Rusia Panggil Dubes AS untuk Datang Menghadap, Alasannya?

Juru bicara Kemenlu Rusia mengatakan alasan pemanggilan dubes AS adalah untuk menjelaskan adanya intervensi AS dalam pemilu parlemen Rusia

11 September 2021 10:30 WIB

Juru bicara pemerintah Rusia, Maria Zakharova
Juru bicara pemerintah Rusia, Maria Zakharova istimewa

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Kementerian Luar Negeri Rusia pada Jumat (10/9) telah memanggil duta besar AS John Sullivan untuk datang ke kantor Kemenlu Rusia di Moskow untuk menjelaskan dugaan intervensi AS dalam pemilu parlemen Rusia yang akan digelar 17-19 September mendatang. Hal itu disampaikan oleh juru bicara Kemenlu Rusia, Maria Zakharova.

"Saya sudah membaca tiga versi (alasan) pemanggilan duta besar AS ke kantor Kementerian Luar Negeri Rusia tersebut," kata Zakharova, dikutip Sputniknews.

"Kemenlu sangat mengetahui alasan sebenarnya pemanggilan tersebut. Hanya ada satu alasan - intervensi dalam pemilu Rusia. Kita berharap ini akan dilaporkan oleh para diplomat AS ke Washington, dan bukan dengan cara mereka menuliskannya dalam siaran pers kantor kedubes AS, yang bertolak belakang dengan realita," tambahnya.


Atasi Krisis Ekonomi, PM Lebanon yang Baru Siap Kerja Sama dengan Semua Negara kecuali Israel

Sementara itu, kantor kedutaan besar AS di Moskow mengatakan bahwa tujuan kedatangan Sullivan ke kantor Kemenlu Rusia adalah untuk bertemu dengan Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Ryabkov guna membahas mengenai langkah kebijakan Joe Biden untuk membuat hubungan bilateral kedua negara menjadi lebih stabil.

"Pada hari Jumat, 10 September, Duta Besar Sullivan bertemu dengan Wakil Menteri Luar Negeri Sergey Ryabkov untuk membahas berbagai masalah bilateral dalam mendukung keinginan Presiden Biden untuk hubungan yang stabil dan dapat diprediksi dengan Rusia", kata juru bicara Kedubes AS, Jason Rebholz.

PM Israel Minta Komunitas Internasional Segera Hentikan Perkembangan Nuklir Iran

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia