logo


Putin-Lukashenko Setuju Tingkatkan Kerja Sama Ekonomi Rusia-Belarusia

Rusia dan Belarus akan meningkatkan kerja sama bilateral di sektor ekonomi

10 September 2021 15:45 WIB

Alexander Lukashenko dan Vladimir Putin
Alexander Lukashenko dan Vladimir Putin the Guardian

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Presiden Rusia, Vladimir Putin dan Presiden Belarus Alexander Lukashenko dikabarkan telah setuju untuk meningkatkan kerja sama ekonomi kedua negara. Putin juga setuju untuk menaikkan limit hutang Belarusia yang selama ini menghadapi sanksi ekonomi dari negara-negara barat.

"Pertama, pondasi perekonomian harus dibangun sebelum melangkah lebih lanjut pada jalur politik," kata Putin kepada awak media, di kantor kepresidenan Rusia, setelah melakukan pembicaraan dengan Lukashenko, dilansir Al Jazeera.

Kedua negara bekas Uni Soviet tersebut juga sepakat untuk mempererat koordinasi kebijakan perekonomiannya, dimana Rusia akan memberikan potongan harga pasokan gas alam yang diterima Belarus pada akhir tahun ini.


Biden dan Jinping Berharap Rivalitas Kedua Negara Tidak Berkembang Menjadi Konflik

Putin mengatakan bahwa Rusia akan menyediakan dana pinjaman senilai USD 630 juta bagi Belarus mulai akhir tahun 2022 mendatang.

"Sudah sejak lama kami berdebat, Rekan Belarusia kami adalah negosiator yang sulit (dihadapi)," tambahnya.

Pada kesempatan itu, kedua pemimpin juga membahas mengenai peningkatan kerjasama di sektor pertahanan dan keamanan. Meski demikian, mereka tidak menjelaskan secara detail mengenai bentuk kerja sama tersebut.

"Tidak semua simpul dalam hubungan bilateral kami yang sudah berhasil diurai," kata Presiden Belarus, Alexander Lukashenko.

Pembangunan Jalur Pipa Gas Rusia-Jerman Selesai, Siap Dioperasikan Akhir Tahun Ini

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia