logo


Biden dan Jinping Berharap Rivalitas Kedua Negara Tidak Berkembang Menjadi Konflik

Presiden AS dan Presiden China dikabarkan telah melakukan percakapan melalui sambungan telepon guna membahas soal hubungan bilateral kedua negara yang tidak kunjung membaik

10 September 2021 14:44 WIB

AS-China
AS-China istimewa

BEIJING, JITUNEWS.COM - Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping, pada Kamis (9/9) dikabarkan telah melakukan pembicaraan melalui sambungan telepon dan membahas soal pentingnya memastikan kompetisi antara kedua negara perekonomian terbesar di dunia tersebut tidak berubah menjadi konflik militer.

Dalam sebuah pernyataan, Gedung Putih mengatakan jika Biden dan Xi Jinping telah melakukan diskusi strategis yang luas, termasuk sejumlah isu yang selama ini menjadi pangkal ketegangan hubungan bilateral kedua negara, yakni isu eonomi, perubahan iklim dan wabah Covid-19.

"Presiden Joe Biden menggaris bawahi ketertarikan AS untuk memastikan wilayah Indo-Pasifik dan seluruh dunia tetap damai, stabil dan makmur dan kedua pemimpin telah berdiskusi tentang tanggung jawab kedua negara dalam memastikan kompetisi tidak berubah menjadi konflik," demikian pernyataan kantor kepresidenan AS dikutip Reuters.


Taliban Dikabarkan Lakukan Pembersihan Etnis di Provinsi Panjshir

Sementara itu, media pemerintah China mengatakan jika Xi sudah memberi tahu Joe Biden bahwa kebijakan luar negeri Amerika Serikat terhadap China telah memicu "sejumlah kesulitan" pada hubungan kedua negara.

"China dan Amerika Serikat seharusnya...menunjukkan keberanian dan wawasan yang strategis, keberanian politik dan mendorong hubungan Sino-AS kembali ke jalur yang benar," kata Xi Jinping dikutip media China.

Utusan PBB Minta Komunitas Internasional Tak Bekukan Aset Milik Afghanistan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia