logo


Rusia Kirim Jet Sukhoi-nya Amankan Wilayah Perbatasan Belarusia-Eropa

Belarusia dan Rusia akan menggelar latihan tempur dan patroli gabungan di perbatasan kedua negara

9 September 2021 12:00 WIB

pesawat tempur Sukhoi Su-30
pesawat tempur Sukhoi Su-30 istimewa

MINSK, JITUNEWS.COM - Rusia sudah mengirimkan sejumlah pesawat tempur Su-30 ke Belarus untuk membentuk sebuah pusat latihan militer dan patroli gabungan di wilayah perbatasan Belarusia-Eropa. Hal itu disampaikan oleh Kementerian Pertahanan Belarus pada Rabu (8/9).

Pengumuman tersebut muncul dua hari sebelum Rusia dan Belarus memulai kegiatan latihan militer gabungan yang memicu kekhawatiran dari negara-negara Eropa dan anggota NATO.

Dalam sebuah siaran pers, Kementerian Pertahanan Belarusia mengatakan jika pesawat tempur Rusia tersebut sudah "tiba di lapangan terbang Baranovichi untuk membentuk pusat pelatihan bersama pasukan udara Belarus.


AS Minta Taliban Tepati Janji Ijinkan Warga Sipil Keluar dari Afghanistan

Meski tidak mengatakan berapa banyak jet Sukhoi yang mendarat di Baranovichi, namun Kemenhan Belarus menekankan bahwa "jet-jet itu akan melakukan tugas tempur bersama untuk melindungi perbatasan udara" kedua negara bekas Uni Soviet tersebut.

Sebelumnya, Presiden Belarusia, Alexander Lukashenko, mengatakan bahwa Rusia akan segera mengirimkan peralatan militer dalam jumlah besar ke negaranya, termasuk pesawat tempur, helikopter dan sistem pertahanan udara.

"Rusia, dalam waktu dekat ini...akan menyuplai kami - saya tidak menyebut berapa banyak uang atau apa - dengan puluhan pesawat tempur, helikopter, dan terpenting adalah sistem persenjataan udara," kata Lukashenko pada pekan lalu, dikutip Al Jazeera.

Taliban Minta Mantan Pejabat Afghanistan yang Lari untuk Kembali

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia