logo


Iran Akui Sudah Jalin Kontak dengan Taliban soal Pemerintahan Sementara Afghanistan

Komandan IRGC mengatakan bahwa pihaknya sudah menjalin kontak dengan Taliban sehingga tidak terkejut dengan perkembangan situasi di Afghanistan yang sangat dramatis

8 September 2021 21:15 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi Istimewa

TEHERAN, JITUNEWS.COM - Brigadir Jenderal Esmail Qaani, komandan pasukan garda revolusi Iran (IRGC) atau pasukan Quds, mengatakan bahwa pemerintah "Iran tidak terkejut" dengan perkembangan situasi di Afghanistan yang sangat dramatis karena pihaknya "sudah menjalin kontak dengan Taliban".

Dalam sebuah pertemuan dengan parlemen Iran pada Rabu (8/9), Qaani menekankan bahwa Teheran sangat tertarik untuk mempertahankan penjagaan keamanan di perbatasan Iran-Afghanistan. Ia juga menegaskan bahwa Iran akan terus mendukung Taliban dalam membentuk pemerintahan yang inklusif, yang dapat mewakili seluruh kepentingan kelompok di Afghanistan.

Untuk diketahui, Afghanistan merupakan sebuah negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam, termasuk kelompok militan Taliban yang menganut paham sunni sementara sepuluh persen warga Afghanistan lainnya memeluk ajaran Syiah.


Menlu Jerman Ungkap Tiga Faktor Penyebab Krisis Kemanusiaan di Afghanistan

Pernyataan Komandan IRGC terkait "pemerintahan yang inklusif" tersebut muncul sesaat sebelum Taliban mengumumkan seluruh kabinet pemerintahan sementaranya dimana seluruh posisi menteri dijabat oleh anggota Taliban.

Minta Maaf kepada Rakyatnya, Mantan Presiden Afghanistan: Saya Berhutang Penjelasan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia