logo


Menlu Jerman Ungkap Tiga Faktor Penyebab Krisis Kemanusiaan di Afghanistan

Menteri Luar Negeri Jerman mengatakan bahwa ada tiga faktor yang bisa membuat Afghanistan mengalami krisis kemanusiaan.

8 September 2021 20:45 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi istimewa

BERLIN, JITUNEWS.COM - Menteri Luar Negeri Jerman, Heiko Maas, memprediksi Afghanistan kemungkinan akan menghadapi tiga krisis kemanusiaan dalam waktu dekat. Menurutnya, banyak wilayah di negara tersebut saat ini mengalami kekeringan dan kekurangan bahan makanan. Selain itu, akibat pengambil-alihan pemerintahan yang dilakukan oleh Taliban, banyak negara asing yang menghentikan program penyaluran bantuan internasional yang sangat dibutuhkan oleh rakyat Afghanistan.

Ia menambahkan jika ada satu faktor lagi yang bisa membuat situasi krisis di Afghanistan semakin buruk.

"Jika pemerintahan baru tidak dapat menjaga urusan negara, ada ancaman bahwa setelah keruntuhan politik dan ekonomi akan menyusul. Kombinasi ini akan membawa konsekuensi kemanusiaan yang lebih drastis," kata Maas dikutip Sputniknews.


Taliban Bentuk Pemerintahan Sementara di Afghanistan, China: Sangat Diperlukan

Menurutnya kemungkinan seperti itu akan menimbulkan kekhawatiran di antara tetangga Afghanistan.

Pada saat yang sama, Maas mengatakan bahwa Berlin siap memberikan bantuan kemanusiaan ke Afghanistan melalui PBB. Dia mencatat bahwa Jerman juga siap untuk berkomunikasi dengan Taliban setidaknya dalam hal mendukung orang-orang yang dianggap "bertanggung jawab" oleh negara Eropa.

"Rakyat Afghanistan tidak bisa disalahkan atas pengambil-alihan kekuasaan oleh Taliban - dan saat ini mereka tidak pantas untuk ditinggalkan oleh komunitas internasional. Kami siap memberikan bantuan kemanusiaan melalui PBB, dan kami akan terus berkomunikasi dengan Taliban, setidaknya untuk memungkinkan memberikan kesempatan kepada orang-orang yang menjadi tanggung jawab kami," ujarnya.

Jerman Siap Salurkan Bantuan Kemanusiaan bagi Rakyat Afghanistan Lewat PBB

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia