logo


Soal Kebakaran di Lapas Tangerang, Dasco: Sudah Waktunya UU PAS Dikeluarkan

peristiwa kebakaran di Lapas Klas I Tangerang yang merenggut 41 korban jiwa

8 September 2021 19:40 WIB

Ketua Harian DPP Gerindra,Sufmi Dasco Ahmad
Ketua Harian DPP Gerindra,Sufmi Dasco Ahmad Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad menyampaikan duka cita yang mendalam atas peristiwa kebakaran di Lapas Klas I Tangerang yang merenggut 41 korban jiwa serta korban luka lainnya.

"Pertama, kami turut prihatin dan menyampaikan duka cita yang mendalam atas kejadian tersebut," ujarnya di Jakarta, Rabu (8/9/2021).

Dia meminta agar secepatnya ada langkah cepat perbaikan di Lapas serta memberikan pertolongan cepat kepada para korban.


Lapas Tangerang Kebakaran, Yasonna Laoly: Harus Ada Strategi Agar Musibah Ini Tidak Terulang

"Mengobati yang luka-luka, baik luka fisik maupun psikis. Korban psikis juga perlu ada pendampingan yang memadai agar tidak trauma," tuturnya.

Dasco juga menekankan agar peristiwa yang terjadi di Lapas Klas I Tangerang ini tidak terjadi di Lapas lainnya di kemudian hari.

"Harus ada antispasi agar kejadian ini tidak terulang kembali. Walaupun kita tahu bahwa rata-rata overcapacity di Lapas itu jadi problem selama ini," ujarnya.

Oleh karenanya guna mengurai berbagai problem yang terjadi di Lapas maupun Rutan, Dasco mendorong agar regulasi terkait untuk segera dikeluarkan.

"Memang sudah waktunya Undang-undang Permasyarakatan (UU PAS) dikeluarkan untuk menjaga kondusifitas Lapas dan supaya tidak terjadi lagi hal-hal seperti ini," tukasnya.

Kebakaran Lapas Tangerang Tewaskan 41 Orang, DPR: Pemerintah Harus Beri Atensi

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar