logo


Ciri-ciri Software Payroll Indonesia Terbaik

Saat menjalankan bisnis muncul pertanyaan tentang bagian mana dari bisnis Anda yang memerlukan dukungan Software Payroll

8 September 2021 17:23 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Saat memulai atau menjalankan bisnis kecil, biasanya muncul pertanyaan tentang bagian mana dari bisnis Anda yang memerlukan dukungan Software Payroll atau layanan tambahan, dan apa yang secara realistis dapat Anda tangani sendiri. Mengapa harus berinvestasi dalam software payroll Indonesia?, misalnya, ketika Anda hanya memiliki beberapa karyawan per jam, atau ketika Anda sebagian besar bekerja dengan kontraktor.

Pembayaran yang terlambat atau tidak akurat tidak hanya dapat mengakibatkan konsekuensi hukum, denda, dan penalti, tetapi juga dapat merusak kepercayaan pekerja Anda kepada Anda.

Namun dalam misi Anda untuk menekan biaya operasional cukup mudah untuk menyederhanakan proses penggajian, yang dapat tumbuh semakin kompleks dan sulit dikelola seiring tumbuhnya skala bisnis Anda.


7+ Aplikasi Stock Opname untuk UKM dan Perusahaan Besar

Mengapa? karena untuk memulai, taruhannya tinggi dalam hal kesalahan penggajian: Tidak hanya pembayaran yang terlambat atau tidak akurat dapat mengakibatkan konsekuensi hukum, denda, dan penalti, hal tersebut juga dapat merusak kepercayaan pekerja Anda kepada Anda.

Selain itu mengelola payroll dapat menghabiskan banyak waktu dan sumber daya Anda, terutama saat Anda mendatangkan karyawan baru.

Di sinilah perangkat lunak penggajian Anda berperan. Baik itu ketika Anda sudah memiliki solusi, atau Anda baru saja mulai memeriksa opsi penggajian yang potensial, untuk itu pastikan Anda tercakup dalam enam fitur penggajian penting.

Tips Memilih Software Payroll Terbaik

1. Pemrosesan Payroll yang Sederhana dan Efisien

Agar solusi penggajian benar-benar membuktikan nilainya, solusi tersebut harus memiliki pemrosesan payroll yang tepat waktu, handal dan mudah digunakan.

Solusi penggajian terbaik harus melampaui dasar-dasar dan mengelola aspek lain dari catatan keuangan karyawan Anda — pikirkan gaji, upah, bonus, potongan, dan sebagainya — dengan antarmuka yang mudah dinavigasi untuk digunakan oleh pemberi kerja dan karyawan.

Ketika mengevaluasi pemrosesan penggajian Anda, ada baiknya untuk memeriksa hal berikut ini:

Pembayaran yang akurat kepada pekerja yang digaji, per jam, dan kontraktor
Apakah perangkat lunak penggajian Anda mengelola pembayaran kepada kontraktor dan vendor selain menangani upah per jam, gaji, dan kompensasi lainnya untuk karyawan Anda?

Pengurangan manfaat otomatis dan pemotongan pajak

Apakah solusi penggajian Anda menghitung penghasilan bersama dengan pengurangan manfaat dan pemotongan pajak? Selain itu, apakah ini menunjukkan kepada karyawan Anda komponen keuangan ini dengan cara yang jelas dan mudah dicerna?

Jadi saat menilai perangkat lunak penggajian, ada baiknya juga menentukan apakah perangkat lunak itu menyediakan beberapa opsi pembayaran, seperti membagi setoran langsung ke beberapa rekening bank. Fitur ini, bersama dengan hal-hal seperti email hari pembayaran dan rincian yang mudah dipahami, dapat membantu mempersonalisasi pengalaman pembayaran karyawan Anda, tanpa menambah beban apapun pada SDM Anda.

2. Penghitungan Pajak yang Tepat

Pembayaran potongan pajak yang tepat dan tidak terlambat perlu menjadi perhatian, karena potensi risiko denda atau penalti pajak ini sangat penting bagi usaha kecil. Oleh karena itu, perangkat lunak penggajian Anda harus secara akurat menghitung, memotong, dan membayar pajak gaji karyawan.

Selain itu, pastikan perangkat lunak Anda dapat mengajukan laporan triwulanan dan menghasilkan formulir akhir tahun. Ini dapat membantu memberi Anda kemudahan dalam pengelolaannya.

3. Laporan Penggajian yang Terperinci

Komponen kunci untuk menjalankan dan mengembangkan bisnis Anda secara efisien adalah memiliki tingkat visibilitas yang tepat ke dalam pembayaran Anda.

Perangkat lunak penggajian Anda harus menawarkan laporan penggajian terperinci di beberapa area bisnis sehingga Anda dapat melihat lebih dalam bagaimana bisnis Anda beroperasi.

Sementara software payroll yang lebih mendasar hanya menjalankan penggajian dan mungkin mengajukan pajak, mereka tidak memberi Anda semua data tentang pembayaran dan efisiensi operasional Anda semampu mereka.

Pastikan software payroll Anda menawarkan laporan penggajian terperinci di beberapa area bisnis sehingga Anda dapat melihat lebih detail tentang bagaimana perusahaan menjalankan bisnisnya.

4. Dukungan Pelanggan

Meskipun ketika dilengkapi dengan software payroll terbaik di luar sana, tidak ada yang mengalahkan dukungan penilaian manusia yang nyata untuk mendukung Anda. Lebih baik lagi, Jika dukungan software payroll Anda tersedia sepanjang waktu, hal itu menghilangkan keraguan dalam menyelesaikan masalah potensial ketika waktu dan energi Anda seharusnya dapat difokuskan untuk menjalankan dan mengembangkan bisnis Anda.

Evaluasi dukungan pelanggan yang ditawarkan oleh opsi penggajian Anda. Apakah mereka menawarkan saluran komunikasi yang tepat — melalui telepon, email ? Jam berapa Anda bisa menjangkau mereka? Dapatkah Anda menghubungi mereka kapan saja, atau apakah Anda perlu menyesuaikan kembali jadwal Anda untuk mendapatkan dukungan mereka? serta apa yang orang lain katakan tentang review pelanggan?

Setiap perusahaan berbeda, jadi dukungan yang Anda butuhkan mungkin tidak sama dengan yang lain. Cari layanan penggajian yang akan memberi Anda dukungan pribadi sepanjang waktu yang Anda butuhkan dari tim sukses pelanggan Anda.

5. Fitur Self service bagi Karyawan

Dalam hal administrasi SDM, berapa banyak waktu atau usaha yang dapat dihemat oleh solusi penggajian Anda? Apakah alat Anda mudah digunakan oleh karyawan atau justru menimbulkan lebih banyak pertanyaan/menambah beban kerja administratif Anda?

Jika karyawan masih mengajukan sebagian besar permintaan terkait penggajian mereka ke SDM, maka itu artinya software payroll Anda tidak memberikan semua yang seharusnya Anda butuhkan sebagai konsumen. Untuk itu perlu mencari solusi yang menyediakan akses mudah ke karyawan Anda.

Karyawan harus dapat masuk dan memiliki akses ke semua yang mereka butuhkan — potongan pembayaran digital, rincian manfaat, formulir pajak akhir tahun — serta memiliki kemampuan untuk memperbarui informasi pribadi, seperti informasi rekening bank dan pemotongan, dan menavigasi melalui membayar potongan tanpa kerumitan.

6. Selalu Update Mengenai Peraturan Pemerintah

Bagi banyak bisnis kecil, subjek penggajian bisa jadi rumit — tetapi itu bukan tidak mungkin. Dengan bekerja sama dengan pihak berwenang dan pemerintah untuk pembayaran penggajian dan pajak penggajian yang sesuai aturan, maka usaha kecil akan mendapatkan dukungan yang mereka butuhkan untuk menjalankan bisnis mereka dengan percaya diri di setiap langkah.

Intinya: Jika Anda mencari perangkat lunak penggajian terbaik untuk bisnis kecil sampai besar, kami merekomendasikan Talenta by Mekari.

Dengan fitur SDM yang komprehensif, pengajuan pajak yang sepenuhnya otomatis, dan rencana scalable untuk bisnis yang sedang berkembang, Talenta by Mekari dapat bekerja dengan baik untuk bisnis kecil dan menengah di banyak industri.

Meskipun software payroll Talenta by Mekari adalah pilihan Anda dan merasa yakin untuk terus menggunakannya untuk bisnis Anda, namun tidak ada salahnya tetap memperhatikan hal-hal berikut sebelum menentukan pilihan.

Apa yang harus Anda cari dalam Software Payroll?

Software Payroll terbaik untuk Anda sebagian besar bergantung pada kebutuhan SDM dan penggajian perusahaan Anda, tetapi seperti apa prakteknya? Kami memiliki artikel yang lebih mendalam tentang cara menemukan solusi manajemen penggajian yang tepat, tetapi jika Anda mencari ikhtisar singkat, inilah yang kami rekomendasikan:

  1. Pertama, lihat harga—bukan hanya harga dasar, tetapi juga harga tambahan per karyawan. Putuskan di muka berapa banyak yang dapat dan ingin Anda belanjakan untuk perangkat lunak sistem penggajian.
  2. Kedua, periksa fitur—apakah Anda hanya memerlukan fitur penggajian, atau apakah Anda lebih suka solusi gabungan perangkat lunak SDM dan penggajian?
  3. Ketiga, tentukan berapa banyak waktu dan usaha yang ingin (dan dapat) Anda keluarkan untuk penggajian. Misalnya, apakah Anda baik-baik saja membayar lebih sedikit untuk perangkat lunak dan mengajukan pajak sendiri?
  4. Terakhir, periksa reputasi layanan pelanggan setiap program penggajian, jaminan pajak (penyedia penggajian Anda harus membayar denda IRS jika membuat kesalahan pajak penggajian), dan review dari para pengguna.

Software Payroll Indonesia Talenta by Mekari

Selesaikan penggajian kapan saja, di mana saja tanpa hambatan fisik, mengelola proses payroll di mana saja kapan saja menggunakan teknologi cloud dari Talenta by Mekari. Selain itu menyediakan fitur absensi online yang terintegrasi dan layanan mandiri karyawan via mobile, proses gaji menjadi lebih mudah bahkan selama WFH. Pindah ke Talenta by Mekari sekarang dan dapatkan pengalaman terbaik memproses payroll karyawan di masa pandemi.

1. Hitung insentif pajak sesuai regulasi

Sesuaikan semua komponen gaji sesuai regulasi. Proses manual cerita kemarin, hitung insentif pajak di masa pandemi COVID-19 lebih mudah dengan Talenta by Mekari. Tidak ada lagi gaji yang terlambat, dapatkan hasil perhitungan Anda lebih cepat dan akurat.

2. Solusi penggajian di masa pandemi

Satu-satunya solusi yang menjawab semua masalah manajemen penggajian Anda dari jarak jauh. Secara otomatis menghitung pemotongan gaji untuk keperluan kehadiran dan klaim manfaat dengan fitur terintegrasi oleh Talenta by Mekari. Mesin dan infrastruktur fisik perusahaan tidak akan diperlukan, setiap proses dapat dilakukan bahkan saat Anda bekerja dari rumah.

Kami sangat menyukai fitur payroll di Talenta by Mekari. Secara otomatis dapat menghitung pajak. Apalagi perusahaan kami memiliki banyak komponen pajak, Talenta by Mekari sangat membantu kami untuk mempercepat proses penghitungan masing-masing komponen tersebut secara otomatis.

3. Transfer gaji ke semua rekening bank tanpa biaya administrasi

Kirim gaji karyawan saat WFH jadi lebih mudah dengan Payroll Disbursement dari Talenta by Mekari. Transfer ke semua rekening bebas biaya administrasi, langsung dari Talenta by Mekari. Tidak perlu lagi berjalan ke bank atau menggunakan lebih dari satu aplikasi, kini Anda dapat mengirimkan gaji tanpa harus keluar rumah.

Kita sangat menyukai fitur payrollnya, karena Talenta by Mekari sudah bisa menghitung otomatis berapa pajaknya. Terlebih karena perusahaan kami memiliki banyak komponen. Talenta by Mekari sangat membantu kami untuk mempercepat proses penghitungan setiap komponen tersebut secara otomatis.

4. Sistem Software Payroll aman berbasis cloud

Dengan infrastruktur software payroll berbasis cloud teratas, Talenta by Mekari dibangun dalam sistem berbasis cloud bersertifikasi ISO 27001 sistem penggajian Talenta by Mekari dapat diakses kapan saja, dimana saja. Dengan layanan up-time yang optimal, Talenta by Mekari adalah aplikasi yang digunakan selama WFH untuk keamanan dan kenyamanannya tanpa bergantung pada sistem lain.

Bahkan software payroll dari Talenta by Mekari bisa membantu sistem absensi online karyawan Anda meskipun terjadi penerapan jam kerja parsial ketika karyawan mengikuti jadwal kerja Work From Home.

Aplikasi Penghasil Uang Tanpa Undang Teman 2021

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata