logo


Rusia Siap Hadir di Upacara Peresmian Pemerintahan Baru Afghanistan, Asalkan...

Menteri Luar Negeri Rusia mengatakan jika pihaknya siap ikut serta dalam upacara peresmian pemerintahan baru Afghanistan jika kabinet yang dibentuk oleh Taliban tersebut mewakili seluruh kelompok dan kepentingan di Afghanistan

7 September 2021 13:00 WIB

Sergey Lavrov
Sergey Lavrov Tass

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov, pada Senin (6/9) mengatakan bahwa Moskow siap ikut serta dalam upacara peresmian pemerintahan baru yang dibentuk oleh Taliban jika pemerintahan tersebut sudah mewakili seluruh kelompok dan kepentingan di Afghanistan.

“Kami ingin mendukung proses pembentukan pemerintahan yang akan mencerminkan seluruh spektrum masyarakat Afghanistan, termasuk Taliban dan kelompok etnis lain selain Pashtun: Hazara, Uzbek, Tajik. Hanya pemerintah yang inklusif yang dapat memastikan transisi yang mantap ke kehidupan baru ... Jika [inklusivitas] ini dipastikan, saya yakin kita akan dengan senang hati mengambil bagian dalam upacara ini bersama dengan negara-negara lain yang memiliki pengaruh pada situasi di negara ini dan yang diundang," Lavrov kepada awak media, dilansir Sputniknews.

Pada kesempatan tersebut, Lavrov meng-konfirmasi jika Rusia sudah menerima surat undangan untuk menghadiri acara peresmian pemerintahan baru Afghanistan tersebut.


Krisis Afghanistan Ungkap AS-Eropa Tak Lagi Mesra seperti Sebelum Era Trump

Sebelumnya, sejumlah media melaporkan jika Taliban juga sudah mengirimkan surat undangan kepada Turki, China, Iran, Pakistan dan Qatar, untuk ikut menghadiri upacara pengumuman serta peresmian kabinet pemerintahan baru Afghanistan yang akan digelar dalam waktu dekat ini.

 

Krisis Afghanistan, NATO-Uni Eropa Tak Lagi Efektif dalam Penyelesaian Isu Internasional

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia