logo


Malas Olahraga? Berikut Tips Jaga Berat Badan tanpa Banyak Gerak

Berikut beberapa cara untuk menjaga berat badan tanpa harus melakukan olahraga

7 September 2021 11:15 WIB

Perut Buncit
Perut Buncit Kompas

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Memiliki tubuh dengan berat badan ideal tentunya merupakan impian banyak orang. Sementara cara yang efektif untuk menurunkan atau menjaga berat badan adalah dengan olahraga dan memperhatikan pola makan. Namun, tak sedikit dari kita yang cenderung "malas" untuk berolahraga, dengan berbagai alasan.

Berikut beberapa trik sederhana untuk menjaga berat badan secara efektif bagi kita yang malas berolahraga.

1. Jaga Konsumsi Air Putih


Bagus Buat Diet, Teh Juga Mampu Kurangi Resiko Serangan Jantung

Selain menghilangkan dahaga, air putih juga membantu memperbaiki metabolisme, serta membantu menyeimbangkan suhu tubuh. Ternyata, minum 1-2 gelas air putih 15 hingga 30 menit sebelum makan bisa membuat nafsu makan kita berkurang.


2. Perhatikan Porsi

Jika kami biasa mengkonsumsi makanan dalam porsi besar di satu waktu, maka kamu bisa mencoba merubahnya menjadi makan lebih sering tapi dengan porsi yang lebih sedikit. Ada baiknya juga kamu mengurangi makan malam dengan banyak mengkonsumsi "cemilan" di sore hari.

3. Gunakan Piring yang Lebih Kecil dan Sumpit

Kamu akan lebih mudah kenyang saat kamu berkonsentrasi penuh terhadap apa yang sedang kamu makan. Disamping itu, perhatikan juga caramu mengunyah karena Otak memerlukan waktu untuk memproses makanan hingga mengirimkan sinyal kenyang. Cara ini dapat meningkatkan perasaan kenyang sehingga kamu merasa cukup dengan makan porsi kecil saja. Terlebih jika kamu menggunakan piring kecil dan sumpit. Otak akan mengira bahwa makanan yang kamu ambil lebih banyak.

4. Perbanyak Tidur

Tidur yang cukup di malam hari dapat membantu memperbaiki metabolisme tubuh dan menyeimbangkan kadar hormon. Tentunya kita tidak akan makan apapun saat tidur, dan menariknya, tubuh akan membakar 50 hingga 100 kalori per jam di saat kita tidur.


5. Tidur Dalam Suhu Dingin

Selain membuat kualitas tidur menjadi lebih baik, ternyata tidur dalam suhu yang lebih dingin dapat membantumu membakar lebih banyak kalori. Menurut sejumlah sumber, tubuh akan terus berupaya menjaga kehangatannya dengan membakar kalori atau timbunan lemak.

Gunakan Sarung Bantal Ini, Kamu Akan Terlihat Cantik Meski Bangun Tidur

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia