logo


Tersebar NIK-Sertfikat Jokowi, Kominfo Angkat Bicara

Pemerintah melakukan perlindungan data dan keamanan Sistem PeduliLindungi sesuai tugas dan fungsinya.

4 September 2021 10:48 WIB

Joko Widodo
Joko Widodo Instagram @jokowi

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menjelaskan soal tersebarnya nomor induk kependudukan (NIK) dan sertifikat vaksin Covid-19 Presiden Joko Widodo di media sosial. Kominfo mengatakan bahwa akses terhadap sertifikat vaksinasi Covid-19 Jokowi dilakukan menggunakan fitur pemeriksaan pada PeduliLindungi.

"Fungsi pemeriksaan Sertifikat Vaksinasi Covid-19 di sistem PeduliLindungi yang sebelumnya mensyaratkan pengguna menyertakan nomor handphone untuk pemeriksaan Sertifikat Vaksinasi Covid-19 kini hanya menggunakan 5 parameter (nama, Nomor Identitas Kependudukan (NIK), tanggal lahir, tanggal vaksin, dan jenis vaksin) untuk mempermudah masyarakat mengakses Sertifikat Vaksinasi Covid-19 setelah menimbang banyak masukan dari masyarakat," jelas pihak Kominfo seperti dikutip dari siaran pers, Sabtu (4/9).

Informasi mengenai NIK Jokowi tersedia pada situs Komisi Pemilihan Umum (KPU). Sedangkan informasi tanggal vaksinasi Jokowi bisa ditemukan di media massa.


JoMan Dukung Masa Jabatan Presiden Ditambah, PKB: Jangan Lempar Isu yang Timbulkan Polemik

"Informasi terkait NIK dan tanggal vaksinasi Covid-19 Bapak Presiden Joko Widodo yang digunakan untuk mengakses Sertifikat Vaksinasi Covid-19 tidak berasal dari Sistem PeduliLindungi. Informasi NIK Bapak Presiden Joko Widodo telah terlebih dahulu tersedia pada situs Komisi Pemilihan Umum. Informasi tanggal vaksinasi Bapak Presiden Joko Widodo dapat ditemukan dalam pemberitaan media massa," katanya.

Pemerintah melakukan perlindungan data dan keamanan Sistem PeduliLindungi sesuai tugas dan fungsinya.

Gerindra Curiga Ada Pihak yang Sengaja Terus Mengembuskan Isu Perpanjangan Masa Jabatan Presiden

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata