logo


China Akui Alami Kendala dalam Pendistribusian Vaksin Covid-19

Seorang pejabat kesehatan China mengatakan bahwa proses pendistribusian vaksin Covid-19 di China semakin sulit untuk dilakukan. Namun, ia tidak menjelaskan secara rinci kendala apa yang dialami oleh pemerintah China

3 September 2021 20:20 WIB

Kota Wuhan
Kota Wuhan liputan6.com

BEIJING, JITUNEWS.COM - China saat ini tengah menghadapi sejumlah kendala dalam memperluas distribusi vaksin Covid-19. Meski demikian, Beijing akan terus memberikan suntikan kepada lebih banyak penduduknya dan menggenjot program pendistribusian dosis ketiga. Hal ini diungkap oleh seorang pejabat kesehatan China pada Jumat (3/9), dilansir Channel News Asia.

Zheng Zhongwei, seorang pejabat Komisi Kesehatan Nasional China, tidak menjelaskan secara rinci halangan apa yang dialami oleh pemerintah China dalam mendistribusikan lebih banyak vaksin. Namun, ia menekankan bahwa mereka warga yang belum menerima suntikan bisa terlindungi dari virus oleh warga lainnya yang sudah mendapatkan suntikan vaksin, ditengah meningkatnya kekhawatiran mengenai penyebaran varian Delta.

"Belakangan ini, seiring dengan (upaya pendistribusian) mencapai tahap akhir, ini menjadi semakin sulit," kata Zheng dalam sebuah forum kesehatan.


Vladimir Putin Ungkap Alasan Rusia Selama Ini Tak Tertarik Hancurkan Afghanistan

Ia mengatakan bahwa pemerintah China sudah memberikan dosis penuh kepada sekitar 900 juta penduduknya, atau lebih dari 60 persen dari total populasinya yang mencapai lebih dari 1,4 miliar jiwa. Namun, sejumlah pakar kesehatan meyakini jika China mungkin perlu mem-vaksinasi lebih dari 80 persen penduduknya untuk mencapai situasi herd-immunity.

Zheng menambahkan bahwa China sendiri sejauh ini sudah menyuplai 1 miliar dosis vaksin Covid-19 ke seluruh dunia.

Pada Agustus lalu, Presiden Xi Jinping mengatakan bahwa China akan berusaha untuk menyediakan 2 miliar dosis vaksin COVID-19 ke negara lain pada tahun 2021.

Uni Emirat Arab Kirimkan Bantuan Logistik dan Kesehatan ke Afghanistan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia