logo


Sebut AS Bukan Lagi Negara Adidaya, Menhan Inggris: Mereka Hanya...

Menteri Pertahanan Inggris mengatakan jika penarikan pasukan dari Afghanistan menunjukkan bahwa kekuatan AS dan negara NATO tidak tak terbatas

3 September 2021 15:30 WIB

Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace
Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace istimewa

LONDON, JITUNEWS.COM - Menteri Pertahanan Inggris, Ben Wallace, mengatakan bahwa dirinya kini meyakini jika Amerika Serikat sudah tidak lagi menjadi negara superpower atau adidaya. Pernyataan tersebut ia sampaikan dalam sebuah wawancara dengan majalah Spectator mengenai langkah penanganan proses evakuasi yang dilakukan oleh Inggris dan AS di Afghanistan.

Saat ditanya apakah penarikan pasukan Inggris dari Afghanistan mengilustrasikan terbatasnya kekuatan global negara tersebut, Wallace mengatakan bahwa "itu tergantung apa definisi kekuatan global tersebut". Ia mengakui bahwa "tentu saja Inggris bukan sebuah negara superpower."

"Tapi negara adidaya (superpower) yang juga tidak siap untuk bertahan pada sesuatu mungkin juga bukan negara adidaya. Ini jelas bukan global power (kekuatan global), iMereka hanya big power (kekuatan besar)," tambahnya. Pernyataan tersebut tampaknya mengacu pada batas kekuatan AS.


China Minta AS Belajar dari Kegagalannya di Afghanistan

Selain itu, Wallace menyatakan dalam wawancara tersebut bahwa pengalaman masa lalunya di militer Inggris memberinya wawasan bahwa situasi operasi penarikan pasukan bisa menjadi sangat tidak terduga.

"Agak mengejutkan ketika wilayah Herat jatuh. Beberapa dari tempat-tempat besar ini secara historis tahan terhadap Taliban. Ketika mereka jatuh, secara harfiah tanpa perlawanan, saya pikir permainannya sudah selesai," kata Wallace.

“Saya ingat kembali pada bulan Juli dengan alasan bahwa apa pun yang kami pikirkan, permainan sudah selesai dan kami harus melakukan apa yang kami bisa untuk mempercepat apa pun yang kami lakukan," katanya.

AS Segera Kirim Bantuan Kemanusiaan Tambahan Senilai USD 45 Juta kepada Ukraina

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia