logo


Lukashenko Bilang Belarusia Segera Dapatkan Pasokan Alutsista Besar-besaran dari Rusia

Alexander Lukashenko mengklaim bahwa Rusia akan mengirimkan alutsista dalam jumlah besar kepada Belarusia

3 September 2021 12:45 WIB

Alexander Lukashenko dan Vladimir Putin
Alexander Lukashenko dan Vladimir Putin the Guardian

MINSK, JITUNEWS.COM - Presiden Belarusia, Alexander Lukashenko, pada Rabu (1/9) mengatakan bahwa Rusia akan segera mengirimkan peralatan militer dalam jumlah besar ke negaranya, termasuk pesawat tempur, helikopter dan sistem pertahanan udara.

Pengiriman tersebut tampaknya merupakan sebuah tanda dukungan Moskow kepada rezim Lukashenko, yang selama ini menghadapi gelombang aksi protes dari warga sipil Belarusia dan tekanan dari negara-negar barat.

"Rusia, dalam waktu dekat ini...akan menyuplai kami - saya tidak menyebut berapa banyak uang atau apa - dengan puluhan pesawat tempur, helikopter, dan terpenting adalah sistem persenjataan udara," kata Lukashenko, dikutip Al Jazeera.


Qatar Berharap Bandara Internasional Kabul Bisa Segera Kembali Dibuka

"Kemungkinan bahkan (sistem pertahanan) S-400. Kami sangat memerlukannya seperti yang sudah saya katakan di masa lalu," tambahnya.

Lukashenko dan Presiden Rusia Vladimir Putin dikabarkan akan mengadakan pembicaraan di Rusia pada 9 September, atau sehari sebelum pasukan militer Rusia dan Belarusia menggelar latihan militer gabungan skala besar yang bertajuk Zapad-2021 dan akan berlangsung hingga 16 September mendatang.

“Singkatnya, ini adalah peralatan (militer) paling modern. Kami akan membekali diri kami. Jika kami melihat selama latihan (Zapad-2021) bahwa kami membutuhkan sesuatu yang lain, maka kami akan membelinya dari Federasi Rusia dan menugaskannya,” lanjut diktator terakhir di benua Eropa tersebut.

Rusia sendiri selama ini telah menganggap Belarusia sebagai salah satu sekutu utamanya yang merupakan garda pertahanan sisi baratnya dalam menghadapi serbuan NATO dan Uni Eropa.

 

Joe Biden Minta Negara Bagian Texas Tak Larang Wanita Lakukan Aborsi Legal

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia