logo


Joe Biden Minta Negara Bagian Texas Tak Larang Wanita Lakukan Aborsi Legal

Presiden AS Joe Biden mengatakan bahwa ia akan memastikan kaum wanita di negara bagian Texas tetap mendapatkan akses terhadap praktek aborsi legal

3 September 2021 12:15 WIB

Presiden AS Joe Biden
Presiden AS Joe Biden istimewa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, pada Kamis (2/9) mengatakan bahwa dirinya sudah meminta pemerintah federal untuk mengambil langkah yang diperlukan guna memastikan kaum perempuan di negara bagian Texas memiliki akses terhadap praktek aborsi legal, sesuai dengan undang-undang Amerika Serikat.

Pernyataan tersebut dilontarkan sehari setelah Mahkamah Agung Amerika Serikat mengijinkan pemerintah negara bagian Texas mengeluarkan aturan yang melarang praktek aborsi.

"Saya menginstruksikan kepada Dewan dan Kantor Penasihat Gedung Putih (Kepresidenan AS) melakukan upaya penuh untuk merespon keputusan itu, khususnya kepada Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan dan Departemen Kehakiman untuk melihat langkah-langkah apa yang dapat diambil oleh Pemerintah Federal guna memastikan bahwa perempuan di Texas memiliki akses aborsi yang aman dan legal sebagaimana dilindungi oleh Roe [v. Wade]," kata Biden dalam siaran pers, dikutip Sputnik.


China Perketat Aturan Maritim Laut China Selatan, AS: Ancaman Serius terhadap Kebebasan Navigasi

Roe V. Wade yang dimaksud oleh Joe Biden merujuk kepada keputusan Mahkamah Agung AS pada tahun 1973 yang melegalkan praktek aborsi di seluruh wilayah Amerika Serikat.

Selain itu, Biden juga meminta otoritas federal untuk melihat alat hukum apa yang tersedia saat ini dalam rangka melindungi hak perempuan dan penyedia layanan dari dampak undang-undang baru yang akan diberlakukan oleh pemerintah negara bagian Texas tersebut.

Biden menilai keputusan Mahkamah Agung AS tersebut sebagai bentuk pelanggaran terhadap hak konstitusional seorang wanita.

Qatar Berharap Bandara Internasional Kabul Bisa Segera Kembali Dibuka

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia