logo


Qatar Berharap Bandara Internasional Kabul Bisa Segera Kembali Dibuka

Pemerintah Qatar dan Taliban saat ini tengah berupaya untuk membuat bandara internasional Hamid Karzai di Kabul untuk kembali beroperasi

2 September 2021 21:00 WIB

Bandara Kabul, Afghanistan
Bandara Kabul, Afghanistan istimewa

DOHA, JITUNEWS.COM - Menteri Luar Negeri Qatar, Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al Thani, mengatakan bahwa pihaknya saat ini tengah bekerja sama dengan Taliban untuk kembali membuka bandara internasional Hamid Karzai di kota Kabul "sesegera mungkin". Ia menambahkan bahwa Qatar juga akan meminta bantuan teknis dari Turki.

"Kami bekerja keras dan terus berharap dapat mengoperasikannya (bandara Kabul) sesegera mungkin...Semoga dalam beberapa hari ke depan kami akan mendengar berita baik terkait hal itu," katanya dalam sesi konferensi pers usai bertemu dengan Menteri Luar Negeri Inggris Dominci Raab pada Kamis (2/9), dikutip Al Jazeera.

Bandara internasional Kabul tersebut dilaporkan mengalami sejumlah kerusakan saat negara-negara sekutu NATO dan Amerika Serikat mengevakuasi ratusan ribu warga sipil pada Agustus lalu. Terlebih dengan terjadinya insiden ledakan bom bunuh diri yang dilakukan oleh kelompok teroris afiliasi ISIS menjelang penarikan penuh pasukan AS dari Afghanistan pada 30 Agustus lalu.


Inggris Tak Akan Akui Taliban sebagai Pemerintahan Resmi Afghanistan

Pada 15 Agustus lalu, Presiden Ashraf Ghani secara mengejutkan memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatannya sehingga membuat pemerintahan Afghanistan runtuh. Situasi tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh Taliban untuk mengambil alih pemerintahan.

saat Taliban tengah mempersiapkan formasi pemerintahan baru mereka, PBB memperingatkan jika situasi krisis kemanusiaan di Afghanistan semakin meningkat dimana sepertiga warga Afghanistan kini terancam mengalami kelaparan.

 

China Perketat Aturan Maritim Laut China Selatan, AS: Ancaman Serius terhadap Kebebasan Navigasi

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia