logo


Taliban Minta Negara-negara Lain Buka Kantor Kedutaan di Afghanistan

Juru bicara Taliban mengatakan bahwa pihaknya ingin menjalin hubungan diplomatik dengan negara lainnya dan komunitas internasional

2 September 2021 15:00 WIB

Salah satu juru bicara kelompok militan Taliban, Mohammed Naeem
Salah satu juru bicara kelompok militan Taliban, Mohammed Naeem Reuters

KABUL, JITUNEWS.COM - Taliban meminta negara-negara lain untuk kembali menjalin hubungan diplomatik dengan Afghanistan dengan membuka kantor kedutaan besar di negara tersebut setelah mereka kembali menguasai pemerintahan. Hal itu disampaikan oleh juru bicara Taliban, Mohammad Naeem dalam sebuah wawancara dengan media Rusia, Sputnik.

"Tentu saja, kami mendesak. Kami memastikan keamanan di kota Kabul. Saya ingin menyampaikan bahwa sejak awal perubahan, kami tidak memiliki masalah dengan satu pun kantor kedutaan besar. Hal ini menunjukkan bahwa kami tetap menjaga janji kami dan kami bisa mempertahankan negara ini," kata Naeem.

Naeem menambahkan jika Taliban ingin menjalin dialog dengan semua negara tetangga, dan komunitas internasional.


Diduga Lakukan Tindak Kejahatan Perang di Afghanistan, China Minta AS dan NATO Diselidiki

Sebelumnya, pemerintah Amerika Serikat dan Jepang telah mengumumkan bahwa mereka sudah memindahkan diplomat mereka dari Afghanistan ke Qatar. Langkah serupa juga sedang diupayakan oleh Belanda dan Jerman.

Menteri Luar Negeri Qatar Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al Thani memperingatkan semua negara untuk tidak mengisolasi Taliban. Ia menilai langkah itu hanya akan memicu ketidak-stabilan di kawasan. Sehingga, ia meminta negara-negara untuk menjalin dialog dengan Taliban dalam upaya mencegah Afghanistan menjadi sarang teroris dan memecahkan krisis sosio-ekonomi di negara tersebut.

“Jika kita mulai memberikan syarat dan menghentikan keterlibatan ini, kita akan meninggalkan sebuah kekosongan, dan pertanyaannya adalah, siapa yang akan mengisi kekosongan ini?,” ujarnya.

Joe Biden Berharap Bisa Segera Kembali Berkunjung ke Ukraina

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia