logo


Pentagon Terjunkan Ribuan Personil Militer ke Louisiana Tangani Situasi Bencana Akibat Terjangan Badai Ida

Ribuan personil tentara AS dikerahkan untuk ikut membantu penanganan situasi bencana di negara bagian Louisiana, yang pada Minggu (29/8) kemarin diterjang badai Ida

2 September 2021 13:30 WIB

Negara bagian Louisiana, Amerika Serikat, diterjang badai Ida pada Minggu (29/8)
Negara bagian Louisiana, Amerika Serikat, diterjang badai Ida pada Minggu (29/8) france24

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Kementerian Pertahanan Amerika Serikat, pada Rabu (1/9) mengatakan bahwa pihaknya sudah menerjunkan ribuan personil pasukan Garda Nasional AS untuk membantu penanganan situasi bencana yang terjadi di negara bagian Louisiana akibat terjangan badai siklon tropis Ida.

Pasukan Garda Nasional AS tersebut diterjunkan untuk membantu proses penyelamatan para korban yang terperangkap, membersihkan jalan dan mendistribusikan bahan makanan dan logistik lainnya.

"Lebih dari 5.400 Pengawal dari 11 negara bagian berada di Louisiana Rabu, membantu responden pertama dengan 36 pesawat, 74 kapal, 198 kendaraan air tinggi, generator dan para insinyur. Pada hari Kamis, pasukan akan ditingkatkan menjadi lebih dari 8.000 anggota personil," kata Jenderal Daniel Hokanson dalam siaran pers, dilansir Sputniknews.


China Tuding Washington Pertahankan Mentalitas Perang Dingin terhadap Beijing

Ia menambahkan bahwa pasukan Garda Nasional juga ikut serta dalam upaya pencarian dan penyelamatan di 31 wilayah di negara bagian Louisiana. Pada Rabu (1/9), mereka dikabarkan berhasil menyelamatkan lebih dari 393 orang dan 60 hewan peliharaan serta membersihkan 403 mil ruas jalan dari puing-puing.

Para petugas juga membuka 17 lokasi pendistribusian makanan dan air kepada warga yang memerlukan, sedangkan 400 anggota lainnya membantu menjaga keamanan di kota New Orleans dan enam wilayah lainnya.

Untuk diketahui, badai Ida yang merupakan badai Kategori 4 telah menghantam wilayah negara bagian Louisiana pada Minggu (29/8) dengan kecepatan angin mencapai 150 mil/jam dan memicu terjadinya hujan lebat yang mengakibatkan banjir bandang dan membuat pasokan listrik terputus.

 

Pasukan Front Perlawanan Nasional Akan Terus Perangi Taliban, Perang Sipil Afghanistan?

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia