logo


KPK Ogah Ajukan Banding Vonis Juliari, ICW Tak Heran: Untuk Lindungi Pihak Lain

KPK mengatakan bahwa status hukum Juliari telah berkekuatan hukum tetap.

1 September 2021 05:01 WIB

Kurnia Ramadhana
Kurnia Ramadhana Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) menyatakan bahwa pihaknya tidak akan mengajukan banding terhadap vonis 12 tahun mantan Menteri Sosial Juliari Batubara. KPK mengatakan bahwa status hukum Juliari telah berkekuatan hukum tetap.

Menanggapi hal tersebut, peneliti Indonesian Corruption Watch (ICW) Kurnia Ramadhana mengaku tidak heran. Ia mengatakan bahwa pihaknya dari awal sudah menduga hal tersebut dilakukan untuk melindungi pihak lain yang terlibat kasus korupsi bansos Covid-19.

"Dan kalau hari ini KPK tidak mengajukan banding, keputusannya sudah inkrah, sebenarnya itu sudah diprediksi sejak lama," kata Kurnia kepada wartawan di Gedung Merah Putih KPK, Selasa (31/8/2021).


Sebut Ada 30 Jenis Korupsi, Ketua KPK: KPK Tidak Mampu Melakukan Pemberantasan Seluruh

"Kami mensinyalir ada upaya dari KPK untuk melindungi pihak-pihak tertentu agar tidak tersentuh dalam proses hukum perkara korupsi bantuan sosial," sambungnya.

Lebih lanjut, Kurnia menilai bahwa vonis 12 tahun yang diterima oleh Juliari terlalu rendah. Menurutnya, vonis tersebut telah melukai rakyat Indonesia, terutama penerima bansos Covid-19.

Somasi Tak Digubris, Moeldoko Bakal Laporkan ICW ke Polisi

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati