logo


China Tutup Kamar Dagang Amerika di Chengdu

Pemerintah China menginstruksikan agar kamar dagang Chengdu menghentikan aktivitasnya.

31 Agustus 2021 19:15 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi istimewa

BEIJING, JITUNEWS.COM - Pemerintah China telah memberikan instruksi kepada sebuah Kamar Dagang AS di kota Chengdu untuk menghentikan operasinya. Hal itu disampaikan oleh sejumlah pejabat China pada Selasa (31/8).

Kamar Dagang Chengdu tersebut sudah mengeluarkan pemberitahuan kepada anggotanya pada Senin (30/8), dan mengatakan jika mereka harus menghentikan operasinya dan tidak diijinkan untuk melakukan ativitas atas nama Kamar Dagang Amerika di wilayah tersebut sesuai dengan undang-undang dan aturan China.

Dilansir dari Reuters, Benjamin Wang, kepala Kamar Dagang tersebut, mengatakan jika pihaknya saat ini tengah berdiskusi dengan sejumlah pejabat pemerintahan setempat mengenai registrasi dan masa depan mereka.


Negara Barat Desak Taliban Ijinkan Warga Sipil Keluar dari Afghanistan

"Kementerian Bidang Masyarakat Sipil China (MCA) tampaknya memberlakukan sebuah aturan bahwa negara-negara hanya diijinkan memiliki satu kamar dagang resmi di negara tersebut," kata Wang.

Kamar Chengdu tidak berafiliasi dengan Kamar Dagang Amerika di China, sebuah kelompok advokasi bisnis yang berbasis di Beijing yang memiliki beberapa kantor cabang di beberapa kota lain di China.

Penutupan kamar itu terjadi lebih dari satu tahun setelah China menutup konsulat AS di Chengdu, sebagai tindakan balasan atas keputusan AS menutup kantor diplomat China di Houston.

Uni Eropa Coret AS dari Daftar Negara Aman Covid-19

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia