logo


PAN Gabung Koalisi Jokowi, Pengamat: Melihat Tanda-tanda 'Alam', Waktu Dekat Pasti Ada Reshuffle

Adi yakin PAN akan mendapat kursi menteri

27 Agustus 2021 14:04 WIB

Zulkifli Hasan
Zulkifli Hasan Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - PAN bergabung koalisi pemerintahan Presiden Joko Widodo - Wapres Ma'ruf Amin. Direktur Eksekutif lembaga survei Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno, menilai dalam waktu dekat akan ada reshuffle kabinet.

"Kalau melihat tanda-tanda 'alam', dalam waktu dekat ini pasti ada reshuffle. Tanda paling menonjol, PAN sudah diperkenalkan sebagai teman koalisi baru," kata Adi kepada wartawan, Jumat (27/8).

Adi yakin PAN akan mendapat kursi menteri. Menurutnya, PAN sah menjadi teman koalisi jika mendapat jatah kursi menteri.


Soal Gabungnya PAN ke Koalisi, LIPI: Untuk Menekan PKS-Demokrat agar Tak Politisasi Kelemahan Jokowi

"Bagi publik, PAN sah disebut teman koalisi baru jika dapat jatah menteri, bukan yang lain. Jika melihat korespondensi historisnya, sangat mungkin PAN dapat jatah menteri PMK, Perhubungan, dan PAN RB," sebutnya.

Adi menyebut PAN berpeluang mendapat di tiga kursi menteri tersebut bukan tanpa alasan. PAN pernah menempati tiga kursi kementerian tersebut.

"Ada jejak politik, kader PAN pernah menempati 3 kementerian tersebut. Di antara 3 kementerian ini, paling mungkin PAN diproyeksikan di PMK. Bacaan sederhananya begitu," katanya.

Adi mengatakan bahwa membaca politik Jokowi merupakan hal rumit karena kerap memutuskan hal yang tidak terduga.

"Tapi membaca politik Jokowi ini rumit, karena sering sekali bikin kejutan tak terduga. Bisa saja PAN dapat kursi di kementerian yang tak pernah terduga oleh siapa pun," pungkasnya.

Gabung Koalisi Pemerintah, PAN Jawab soal Kemungkinan Masuk Kabinet

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata