logo


Tak Khawatir dengan Taliban, JK: Terbukti 20 Tahun Enggak Ada Pengaruh Buat Indonesia

JK mengaku tidak khawatir apabila kemenangan kelompok Taliban di Afghanistan akan membangkitkan sel terorisme di Indonesia

26 Agustus 2021 09:54 WIB

Jusuf Kalla
Jusuf Kalla istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan bahwa ada tidaknya kelompok Taliban di Afghanistan tidak akan mempengaruhi radikalisme di Indonesia. Hal tersebut, ia sampaikan dalam talk show Mata Najwa yang disiarkan live di Trans 7, Rabu (25/8/2021).

"Ada (atau) tidak ada Taliban itu ada di sini orang radikal di Indonesia. Ada teror macam-macam," ujarnya.

JK mengaku tidak khawatir apabila kemenangan kelompok Taliban di Afghanistan akan membangkitkan sel terorisme di Indonesia. Ia mengatakan bahwa hal itu sudah dibuktikan saat Taliban menguasai Afghanistan 20 tahun lalu tidak memberi pengaruh terhadap radikalisme di Indonesia.


Tak Cukup Waktu, Ratusan Warga Jerman Gagal Dievakuasi dari Afghanistan

Ia mengatakan bahwa Taliban hanya sibuk dengan persoalan kekuasaan dalam negeri. Berbeda dengan kelompok teror ISIS maupun Al Qaeda yang ingin menguasai negara lain.

"Saya tidak khawatir karena terbukti 20 tahun lalu apakah ada pengaruh?  Waktu menang pertama Taliban, ada pengaruh enggak? Kan, enggak ada pengaruhnya, ISIS dan Al Qaeda itu bukan dari sana (Afghanistan)," ujarnya.

 

Taliban Kuasai Afghanistan, Dubes Finlandia: Saya Masih Tidak Memahami Bagaimana Ini Bisa Terjadi

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati