logo


AS Gunakan Pangkalan Militer Domestiknya jadi Lokasi Penampungan Pengungsi Afghanistan

Juru bicara Pentagon mengatakan bahwa pihaknya kemungkinan akan menempatkan para pengungsi asal Afghanistan di sejumlah pangkalan militer yang ada di AS

25 Agustus 2021 16:30 WIB

Patung Liberty, New York
Patung Liberty, New York istimewa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Militer AS dapat mempertimbangkan untuk menggunakan pangkalan militer domestik tambahan mereka untuk dijadikan lokasi penampungan sementara para pemohon Visa Imigran Khusus (SIV) asal Afghanistan sebelum akhirnya mereka diijinkan tinggal secara permanen di Amerika Serikat.

Hal itu disampaikan oleh juru bicara Departemen Pertahanan Amerika Serikat, John Kirby, pada Selasa (24/8).

"Ada kemungkinan bahwa kita mungkin melihat instalasi militer AS tambahan di sini di Amerika Serikat," kata Kirby selama konferensi pers.


Taliban Blokir Akses Jalan Menuju Bandara Internasional Kabul, Hanya WNA yang Boleh Lewat

“Sangat mungkin bahwa kita perlu menggunakan instalasi militer AS tambahan di sini di Amerika Serikat, dan ketika kita membuat keputusan itu dan dapat mengumumkannya, kita pasti akan melakukannya," lanjutnya.

Militer AS sejauh ini telah menjadikan sejumlah pangkalannya di beberapa wilayah AS seperti Fort Lee, Fort McCoy, Fort Bliss dan Pangkalan Gabungan McGuire-Dix-Lakehurst sebagai fasilitas penampungan sementara pengungsi asal Afghanistan yang mencari perlindungan di Amerika Serikat.

Sementara itu, salah satu petinggi militer AS, Mayor Jenderal William Taylor, mengatakan bahwa empat penerbangan dari Afghanistan yang membawa lebih dari 1.000 penumpang sudah tiba di Bandara Internasional Dulles di luar kota Washington dalam 24 jam terakhir.

Taylor menambahkan bahwa para pengungsi asal Afghanistan yang tiba tersebut akan dikirim ke salah satu dari empat fasilitas penampungan yang telah disebutkan di atas.

Politikus Pakistan Bilang Taliban Siap Bantu Bebaskan Kashmir dari India

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia