logo


Indonesia Potensial Masuk Fase Hiperendemi Covid-19, Apa Artinya?

"Kalaupun pandemi itu dicabut, boleh jadi menjadi endemi, bahkan hiperendemi. Indonesia potensial menjadi hiperendemi," kata Hermawan

25 Agustus 2021 13:54 WIB

Virus Corona Covid-19
Virus Corona Covid-19 kompas.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat (IAKMI), Hermawan Saputra memprediksi Indonesia akan memasuki fase hiperendemi ketika beberapa negara memasuki endemi Covid-19.

"Kalaupun pandemi itu dicabut, boleh jadi menjadi endemi, bahkan hiperendemi. Indonesia potensial menjadi hiperendemi," kata Hermawan seperti dilansir CNNINdonesia.com, Rabu (25/8/2021).

Diketahui, pandemi adalah situasi wabah penyakit yang terjadi serempak di wilayah geografis yang luas. Sementara endemi adalah situasi wabah penyakit yang muncul dan menjadi karakteristik di wilayah tertentu karena penyakit tersebut biasanya sudah bisa dikendalikan dalam waktu yang lama.


Cegah Penyebaran Corona! Ini Cara Pakai dan Buang Masker yang Benar

Lantas apa yang dimaksud dengan hiperendemi?

Hermawan menjelaskan bahwa hiperendemi adalah situasi dimana status pandemi suatu wabah sudah dicabut oleh organisasi kesehatan internasional, namun kasus wabah tersebut masih tinggi di beberapa wilayah.

"Hiperendemi bisa jadi kasus itu masih tinggi, karena statusnya dicabut WHO. Artinya kasus itu belum terkendali secara signifikan," ujarnya.

Lebih lanjut, Hermawan mengatakan bahwa WHO sampai saat ini belum mencabut status pandemi Covid-19 karena kasus disejumlah negara masih tinggi, termasuk di Indonesia.

"Kita ini dilihat oleh WHO belum kelar dari critical momentum-nya malah. Artinya masih tinggi ya angka kesakitan, kematian, dan sebagainya," jelasnya.

Sangat Berhati-hati, Kemensos Upayakan Bansos Yatim Tidak Dicurangi

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati