logo


Direktur CIA Gelar Pertemuan Rahasia dengan Taliban, Bahas Apa?

Kepala CIA dan pemimpin Taliban dilaporkan telah menggelar pertemuan rahasia di Kabul, pada Senin (23/8)

24 Agustus 2021 20:22 WIB

Taliban
Taliban twitter.com

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Media Amerika Serikat, the Washington Post, melaporkan jika Direktur Lembaga Intelijen AS, CIA, William J. Burns telah menggelar pertemuan rahasia dengan pemimpin Taliban, Abdul Ghani Baradar di Kabul, pada Senin (23/8). Mengutip salah satu narasumber anonimnya, the Washington Post menyebut jika pertemuan tersebut merupakan negosiasi tingkat tinggi antara Taliban dengan pemerintahan Joe Biden.

Meski CIA sendiri menolak berkomentar terkait laporan tersebut, the Washington Post mencatat jika pertemuan tersebut membahas mengenai rencana perpanjangan tenggat waktu penarikan pasukan militer AS dari Afghanistan hingga proses evakuasi sudah diselesaikan.

Seperti diberitakan sebelumnya, sejumlah pemimpin negara anggota NATO, termasuk Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, telah mendesak Presiden AS Joe Biden untuk menunda proses penarikan pasukan AS dari Afghanistan, guna membantu menjaga keamanan bandara internasional Kabul selama proses evakuasi masih dilakukan. Beberapa pemimpin negara G7 juga mengatakan bahwa mereka tidak mungkin bisa menyelesaikan proses evakuasi puluhan ribu orang dari Afghanistan sesuai dengan tenggat waktu penarikan pasukan AS yang jatuh pada akhir bulan ini.


AS Bekukan Aset Afghanistan, China: Tidak Bermoral

"Fokus utama G7 adalah terkait situasi jangka panjang Afghanistan, tapi mereka tentu saja akan mendiskusikan mengenai upaya evakuasi," kata seorang pejabat pemerintah Inggris yang tidak disebutkan namanya kepada Telegraph.

 

AS dan Sekutunya Lakukan Pelanggaran HAM di Afghanistan, China Minta Dewan HAM PBB Bertindak

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia