logo


Wapres AS Ungkap Maksud dan Tujuan China Terus Intimidasi Laut China Selatan

Kamala Harris mengklaim jika Beijing terus bersikap koersif di Laut China untuk melindungi klaim mereka di kawasan tersebut

24 Agustus 2021 19:23 WIB

Wapres AS Kamala Harris
Wapres AS Kamala Harris CNN

SINGAPURA, JITUNEWS.COM - Wakil Presiden Amerika Serikat, Kamala Harris, pada Selasa (24/8) melontarkan tuduhan bahwa Beijing selama ini bersikap koersif dan terus melakukan intimidasi di Laut China Selatan, dimana itu sangat berbahaya bagi keamanan kawasan dan Amerika Serikat.

Harris sendiri saat ini tengah berkunjung ke Singapura dan Vietnam.

Dalam sebuah pidatonya di Singapura, Harris mengatakan bahwa AS bertujuan menegakkan HAM dan aturan internasional di kawasan, sekaligus memperkuat posisi AS di Asia. Harris juga mengungkap jika maksud China bersikap koersif dan intimidatif adalah untuk melindungi klaim mereka atas wilayah Laut China Selatan.


Israel Tawarkan AS Cara Hadapi Iran Tanpa Harus Lewat Perjanjian Nuklir

"Kami tahu bahwa Beijing terus memaksa, mengintimidasi, dan mengklaim sebagian besar Laut China Selatan," kata Harris dalam pidatonya.

"Klaim yang melanggar hukum ini telah ditolak oleh keputusan pengadilan arbitrase 2016, dan tindakan Beijing terus merusak tatanan berbasis aturan dan mengancam kedaulatan negara," katanya, merujuk pada putusan pengadilan internasional atas klaim China di Den Haag.

Menanggapi pernyataan Harris tersebut, juru bicara Kemenlu China, Wang Wenbin mengatakan bahwa AS lah yang selama ini melakukan tindakan koersif atau pemaksaan dan menindas negara lain.

Australia Evakuasi Puluhan Atlet Wanita Afghanistan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia