logo


Bantah Eks Napi Koruptor Jadi Penyuluh Anti Korupsi, KPK Beri Penjelasan Ini

Seseorang yang hendak menjadi penyuluh antikorupsi harus mengikuti serangkaian proses uji kompetensi sesuai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Bidang Penyuluh Antikorupsi.

24 Agustus 2021 13:21 WIB

sumber : https://www.merdeka.com/peristiwa/kpk-tanggapi-pkpu-luluskan-eks-koruptor-maju-pilkada-2020-enggak-ada-yang-lain.html
sumber : https://www.merdeka.com/peristiwa/kpk-tanggapi-pkpu-luluskan-eks-koruptor-maju-pilkada-2020-enggak-ada-yang-lain.html

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Plt Juru Bicara Pencegahan KPK, Ipi Maryati Kuding membantah kabar yang menyatakan mantan narapidana korupsi akan menjadi penyuluh anti korupsi. Ia menegaskan bahwa mantan koruptor hanya akan memberi testimoni tentang pengalamannya selama menjalani masa hukuman.

"Tidak ada narapidana (korupsi)yang akan jadi penyuluh. Sesuai penjelasan Deputi (Wawan Wardiana) dalam konpers akan dijajaki untuk menggunakan testimoni mereka untuk materi penyuluhan yang akan KPK lakukan," kata Ipi seperti dilansir CNNIndonesia.com, Selasa (24/8/2021).

Ipi menjelaskan bahwa seseorang yang hendak menjadi penyuluh antikorupsi harus mengikuti serangkaian proses uji kompetensi sesuai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Bidang Penyuluh Antikorupsi.


Vonis Juliari Diringankan karena Dicela Habis-habisan, MAKI: Semua Koruptor Memang Di-bully

"Yang perlu dipahami adalah siapa pun bisa menyuarakan antikorupsi," ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa KPK sudah dua kali memberikan penyuluhan antikorupsi di lembaga pemasyarakatan (lapas) yakni pada tanggal 31 Maret 2021 di Lapas Sukamiskin dan 20 April 2021 di Lapas Tangerang. Para peserta, kata dia, adalah narapidana korupsi yang tengah menjalani asimilasi dan narapidana yang masa tahananannya akan segera berakhir.

 

Beredar Kabar Eks Koruptor Jadi Penyuluh Antikorupsi, Febri Diansyah: Sekalian Saja Jadi Pimpinan KPK

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati