logo


Tak Cukup 12 Tahun, ICW Sebut Juliari Batubara Harusnya Dibui Seumur Hidup

Tindakan korupsi Juliari sangat mencederai masyarakat yang tengah kesulitan di masa pandemi.

24 Agustus 2021 03:30 WIB

Juliari P Batubara
Juliari P Batubara Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Indonesia Corruption Watch (ICW) menilai mantan Menteri Sosial Juliari Batubara tak layak dihukum 12 tahun penjara. Politisi PDIP itu dianggap lebih patut dibui seumur hidup.

Peneliti ICW Kurnia Ramadhana mengatakan, tindakan korupsi Juliari di tengah pandemi Covid-91 sangat melukai hati masyarakat. Oleh karena itu, Juliari pantas menerima hukuman seberat-beratnya.

"Melihat dampak korupsi yang dilakukan oleh Juliari, ia sangat pantas dan tepat untuk mendekam seumur hidup di dalam penjara," jelas Kurnia dalam keterangan tertulis, Senin (23/8).


Djoko Tjandra Dapat Remisi, ICW: Melarikan Diri Belasan Tahun Dianggap Berkelakuan Baik?

Menurutnya, ada empat faktor yang bisa memberatkan pemberian vonis Juliari menjadi penjara seumur hidup.

Pertama, Juliari melakukan kejahatan saat menjadi pejabat publik, sehingga hukuman Juliari mesti diperberat sebagaiman Pasal 52 KUHP.

Kedua, praktik suap bansos terjadi di masa sulit akibat pandemi Covid-19. Praktik korupsi Juliari tentu sangat berdampak pada masyarakat, dari segi ekonomi maupun kesehatan.

Ketiga, sikap Juliari yang terkesan tak mau mengakui perbuatannya. "Padahal, dua orang yang berasal dari pihak swasta, Ardian dan Harry, telah terbukti secara sah dan meyakinkan menyuap Juliari.”

Keempat, hukuman berat Juliari bisa menjadi pembelajaran pejabat publik untuk tidak koruptif.

"Berangkat dari hal ini, maka semakin lengkap kebobrokan penegak hukum, baik KPK maupun Pengadilan, dalam menangani perkara korupsi bansos," pungkas Kurnia.

Bully Jadi Alasan Hakim Ringankan Putusan Vonis Juliari, MAKI: Semua Koruptur Dibully!

Halaman: 
Penulis : Iskandar