logo


Tak Yakin Taliban Pengaruhi Sel Terorisme di Indonesia, JK: Pengaruhnya di Dalam Negeri, Beda dengan ISIS

JK sebut Taliban hanya ingin menduduki pemerintahan Afghanistan.

23 Agustus 2021 11:10 WIB

Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, saat memberikan pernyataan resmi di acara Delegasi Indonesia pada Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2019, di Jenewa, Swiss, Rabu (15/5)
Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, saat memberikan pernyataan resmi di acara Delegasi Indonesia pada Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2019, di Jenewa, Swiss, Rabu (15/5) Kemlu

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla mengaku tidak yakin pergerakan kelompok Taliban usai insiden di Afhanistan akan mempengaruhi sel-sel terorisme di Indonesia.

Ia mengatakan bahwa pergerakan Taliban hanya terjadi di dalam negeri saja.

"Jadi mereka lebih pada gerakan penguasaan internal dalam negeri. Saya enggak yakin bahwa ini akan mempengaruhi sel terorisme Indonesia karena Taliban tidak mengejar [pengaruh] keluar, hanya di dalam negeri," kata JK seperti dilansir CNN Indonesia TV, Senin (23/8/2021).


JK Pernah Undang Taliban ke RI, Denny Siregar: Nanti Malu Kalau Mereka Masih Beringas

JK mengatakan bahwa kelompok Taliban berbeda dengan kelompok teror ISIS maupuan Al-Qaeda. Ia menyebut ISIS mencari pengaruh tidak hanya di Timur Tengah, namun juga Asia hingga Eropa. Sementara kelompok Taliban, kata dia, hanya ingin menduduki pemerintahan Afghanistan.

"Perlu juga diketahui perjuangan Taliban itu berbeda dengan ISIS dan Al-Qaeda. Mereka ingin menjadi khalifah di dunia, sementara Taliban perjuangan dalam negeri untuk [menduduki] pemerintahan Afganistan," lanjutnya.

Sindir Kadrun, Denny Siregar: Sibukkan Mereka dengan Kerjaan, Bukan dengan Agama

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati