logo


Kecam Ucapan Muhammad Kece, PBNU: Memenuhi Unsur Hate Speech

Polisi didorong untuk mengusut tuntas Muhammad Kece atas perkataannya

22 Agustus 2021 10:15 WIB

Sekjen PBNU, Helmy Faishal Zaini
Sekjen PBNU, Helmy Faishal Zaini Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menilai pernyataan YouTuber Muhammad Kece memenuhi unsur ujaran kebencian atau hate speech. PBNU mengecam keras pernyataan Muhammad Kece.

"Sehubungan dengan beredarnya pernyataan dari seorang yang bernama Muhammad Kece yang dalam pandangan kami pernyataannya ini telah memenuhi unsur hate speech ataupun ujaran kebencian terhadap suatu agama, maka kami menyampaikan kami mengecam keras pernyataan keras dari Muhammad Kece karena ini dapat memanggung kerukunan umat beragama yang telah dibangun selama ini yang luar biasa indahnya," kata Sekjen PBNU, Helmy Faishal Zaini kepada wartawan, Sabtu (21/8).

Polisi didorong untuk mengusut tuntas Muhammad Kece atas perkataannya.


Minta Polisi Tangkap YouTuber Muhammad Kece, Pengurus MUI Khawatir Umat Islam Marah

"Yang kedua mendesak kepada aparat keamanan, kepada kepolisian untuk mengusut tuntas penegakan hukum dan perundang-undangan secara adil atas kasus saudara Muhammad Kece ini," katanya.

Helmy mengatakan bahwa sesama umat beragama harus bersikap saling menghormati. Helmy tidak ingin perbedaan menimbulkan permusuhan.

"Yang ketiga marilah kita saling menghormati, menghargai kepada sesama bahwa kita bisa jadi berbeda agama, bisa saja berbeda paham, berbeda pikiran, berbeda pandangan, akan tetapi marilah perbedaan itu jangan kemudian menimbulkan permusuhan dan kebencian, marilah kita saling menghormati, menghargai atas perbedaan agama, pikiran, golongan, suku, bahasa dan seterusnya," kata Helmy.

"Marilah kita senantiasa menghidupkan spirit moderasi beragama bahwa kita adalah bangsa teladan yang saling menghormati antara satu dan lainnya, sekaligus marilah kita terus menjaga persatuan dan kesatuan kita," lanjutnya.

Sebut Ceramah Muhammad Kece Menyesatkan, PP Muhammadiyah: Mencari Sensasi

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata