logo


7+ Aplikasi Stock Opname untuk UKM dan Perusahaan Besar

Aplikasi stock opname menjadi salah satu perangkat lunak yang hadir untuk mempermudah aktivitas bisnis

21 Agustus 2021 10:06 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Aplikasi stock opname menjadi salah satu perangkat lunak yang hadir untuk mempermudah aktivitas bisnis berkat perkembangan teknologi. Aplikasi yang juga sering disebut sebagai aplikasi stok barang ini berfungsi untuk mengontrol persediaan barang untuk bisnis. Jika pengontrolan barang secara manual cenderung sulit dan lama, maka dengan aplikasi ini, semua jadi lebih cepat dan mudah.

Apa itu Aplikasi Stock Opname?

Aplikasi stok opname merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk menghitung persediaan stok barang di gudang. Proses penghitungan tersebut biasanya dilakukan sebelum barang akan dijual, untuk memastikan apakah persediaan barang masih cukup atau kurang. Berkat adanya aplikasi stok barang, Anda bisa persediaan barang dengan cepat dan mudah, serta berkesempatan mendapat data yang akurat.


JadiDuit! Top 1 Aplikasi Penghasil Uang 2021 Review

Seiring dengan teknologi yang terus berkembang, kini aplikasi stok barang telah dilengkapi dengan berbagai fitur, seperti barcode. Fitur tersebut tentu bisa membuat proses penghitungan stok barang jadi lebih cepat dan efisien, serta pencatatan data minim kekeliruan. selain itu, data yang diperoleh berkat penggunaan aplikasi ini akan lebih akurat, karena sistem bekerja otomatis.

Anda disarankan untuk menggunakan aplikasi stok barang supaya tidak kesulitan dalam menghitung. Karena jika menggunakan cara manual, proses penghitungan barang bisa berlangsung dalam waktu lama dan rawan kekeliruan. Selain itu, cara kerja aplikasi yang otomatis membuat Anda terhindar dari kerugian akibat kecurangan yang dilakukan oleh karyawan.

Manfaat Aplikasi Stock Opname

Setiap aplikasi tentu dihadirkan dengan maksud untuk memberikan manfaat tersendiri bagi penggunanya. Aplikasi stock opname ini juga bisa memberikan banyak manfaat bagi Anda dalam mengelola ketersediaan barang di gudang. Beberapa manfaat tersebut adalah meminimalisir kerugian akibat kekurangan maupun kelebihan barang.

Selain itu, aplikasi ini nantinya juga bisa digunakan sebagai informasi tindak lanjut jika suatu saat terjadi kasus barang hilang. Kekosongan stok barang di gudang juga bisa diatasi dengan menggunakan aplikasi stok barang. Anda juga bisa memastikan secara pasti bagaimana arus masuk dan keluar dari barang yang dimiliki.

Dari beberapa manfaat tersebut, Anda juga bisa mendapatkan manfaat lain, seperti bisa mengetahui barang yang paling disukai maupun tidak. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui kondisi barang secara realtime, dan bisa membuat perencanaan untuk melengkapi stok barang. Secara tidak langsung, Anda juga bisa menghemat anggaran untuk mempekerjakan kepala gudang, karena aplikasi ini sudah cukup membantu.

Rekomendasi Aplikasi Stock Opname untuk Penjualan Bisnis

Karena peminat aplikasi stok barang semakin banyak, maka jenis aplikasi yang tersedia pun semakin banyak dan beragam. Anda bisa membaca informasi lengkapnya sebelum memilih agar bisa mempertimbangkannya kembali. Jika masih bingung memilih yang terbaik, silahkan coba beberapa aplikasi stok barang yang direkomendasikan berikut ini:

1. Jurnal.id

Jurnal.id menjadi salah satu aplikasi stock opname yang mempunyai banyak sekali kelebihan. Salah satunya yaitu dapat memberikan bentuk pelacakan yang lebih cepat. Dengan keberadaan Jurnal.id Anda tidak perlu lagi untuk melakukan pelacakan data dengan cara manual.

Hal ini dikarenakan semua kemudahan tersebut telah disediakan di dalam satu aplikasi ini. Selain itu, Anda bisa melakukan pelacakan barang tertentu dan memfilter penjualan maupun memberikan penurunan harga. Kelebihan lain yang dimiliki aplikasi ini yaitu menyediakan fungsi menentukan order untuk mengatur format purchase order.

Hal tersebut biasa digunakan pada saat pembuatan laporan. Di dalam proses pembelian, biasanya dilengkapi dengan formulir pembelian atau biasa dikenal sebagai purchase order. Keberadaan formulir ini digunakan untuk bukti otentik di dalam dokumen pembelian.

Selain itu, Jurnal.id dapat membantu Anda dalam mengetahui kondisi persediaan barang. Hal ini sangat penting dilakukan untuk menghitung fisik dalam persediaan produk di dalam stok. Selain dapat mengetahui keakuratan laporan di dalam suatu bentuk pembukuan.

Aplikasi ini juga bisa membantu Anda dalam melakukan fungsi Sistem Pengendalian Intern dengan teknik yang lebih baik.

2. Myne - Sales and Inventory Manager

Rekomendasi aplikasi yang kedua yaitu Myne Sales Inventory Manager. Keberadaan aplikasi ini bisa memberikan kemudahan untuk pebisnis dalam mengontrol penjualan. Anda bisa melakukan monitoring terhadap setiap perkembangan yang ada pada perusahaan.

Tentunya, setiap perkembangan yang ditunjukkan, akan selalu menjadi bahan pertimbangan untuk menentukan langkah selanjutnya yang harus diambil. Berkembang atau bahkan mengalami sebuah penyusutan, tentu harus selalu memperhatikan langkah tepat yang harus diambil.

Selain itu, aplikasi ini juga memberikan bentuk grafik yang menunjukkan kemajuan bulanan dari bisnis yang dijalankan. Dengan demikian, Anda bisa mengetahui lebih cepat terhadap perusahaan yang dikelola.

3. Inventory Management for Small Business or Store

Inventory Management merupakan sebuah perangkat lunak yang dirancang khusus untuk memberikan informasi terkait dengan stok barang yang tersedia. Selain itu, Anda bisa mencatat penjualan dan mengetahui persediaan yang ada di dalam gudang.

Bagi Anda yang memiliki bentuk usaha seperti toko oleh-oleh, toko obat atau yang lain, menggunakan aplikasi ini menjadi pilihan yang tepat. Tentunya segala bentuk informasi terkait dengan stok barang, bisa diketahui dengan cara dan langkah yang lebih tepat.

Inventory Management mempunyai dua versi yang sama-sama dibekali dengan berbagai macam fitur unggulan. Ada versi gratis dan juga versi pro yang berbayar. Tentu saja keberadaan fitur yang ditawarkan mempunyai keragaman bentuk dan jenis.

Bahkan, tidak heran jika Inventory Management mempunyai fitur yang jauh lebih lengkap dibandingkan dengan versi gratisnya.

4. Easy Inventory Management Offline

Sudah terlihat lebih jelas bukan dari penamaan aplikasi ini?. Tentunya aplikasi Easy Inventory Management Offline ini bisa digunakan untuk melacak serta memonitori inventory yang ada.

Aplikasi ini, dapat membantu Anda dalam mengikuti jejak perjalanan pada sebuah produk. Apabila, Anda mempunyai jenis atau jumlah produk yang lebih beragam, menggunakan system software ini menjadi pilihan yang tepat.

5. Smart Inventory System

Keberadaan Smart Inventory Sistem merupakan salah satu aplikasi yang memugkinkan untuk Anda bisa melakukan pelacakan barang. Di dalam proses penggunaannya, Anda bisa menggunakan fasilitas yang dimiliki.

Salah satunya yaitu dengan melakukan absensi menggunakan barcode atau mungkin menggunakan QR. Selain itu, aplikasi ini dapat dicadangkan melalui cloud.

6. Aplikasi Inventory Persediaan Barang Plus Keuangan

Di dalam sebuah toko, baik itu apotek, koperasi atau mungkin jenis dagang yang lainnya dapat memberikan tubuh menjadi lebih sehat dan bertenaga, hal tersebut dikarenakan aplikasi stock opname tersebut dapat menawarkan berbagai aplikasi penyediaan barang.

Hal ini tentu saja dilakukan dengan dilengkapi oleh fitur-fitur menarik. Anda bisa menggunakan cara ini dengan sangat mudah. Salah satu fitur yang melengkapinya yaitu fitur offline.

Anda bisa melakukan pengelolaan ini dengan cara yang mudah serta dapat terkelola dengan cara yang lebih optimal. Aplikasi ini juga mampu digunakan untuk melihat seluruh hasil laporan keuangan serta mengekspor menjadi jenis dokumen-dokumen yang lainnya.

7. Stock Controller-Inventories

Aplikasi selanjutnya yaitu Stock Controller. Sistem perangkat lunak yang satu ini dapat memberikan kemudahan untuk pebisnis dalam melakukan manajemen inventory. Selain itu, aplikasi ini telah dilengkapi dengan fitur offline.

Hal ini memberikan keuntungan apabila Anda tidak mempunyai koneksi internet. Sehingga, Anda tidak akan sampai merasakan kehilangan data. Di tahun 2015 silam, aplikasi ini mendapatkan nominasi menjadi salah satu Best Business and Finance App.

Dengan demikian, kualitas yang diberikan oleh aplikasi ini tidak lagi perlu untuk ditanyakan.

8. CUKE-Sales, Stock and Cash Flow Management

Rekomendasi aplikasi selanjutnya yaitu CUKE-Sales, Stock and Cash Flow Management. Aplikasi ini, menjadi salah satu perangkat lunak yang sangat terkenal hingga lebih dari 90 negara telah menggunakannya.

Jadi, sudah tidak heran jika memasang aplikasi ini menjadi salah satu favorit yang sering digunakan oleh pebisnis. Aplikasi CUKE ini sangatlah cocok jika digunakan untuk jenis usaha mikro, reseller, freelancer atau jenis usaha yang lainnya.

Anda bisa melakukan bentuk manajemen produk dengan cara yang lebih mudah dan lebih cepat. Selain itu, aplikasi ini juga dapat mengontrol segala hal yang diperlukan oleh sebuah perusahaan.

Oleh karena itu, keberadaan aplikasi ini sangatlah menguntungkan banyak pihak yang terkait. Selain dapat mengontrol stok barang yang ada di dalam gudang. Aplikasi CUKE juga bisa membantu manajemen dalam mengontrol setiap transaksi yang terjadi pada sebuah perusahaan.

Tentunya setiap barang yang keluar atau bahkan yang masuk, harus menyertakan data-data yang akurat. Hal ini bisa menjadi salah satu cara untuk selalu mengontrol barang perusahaan menjadi lebih optimal.

Dengan dilengkapi berbagai fitur yang ada di dalam aplikasi ini. Bisa membuat pekerjaan Anda menjadi lebih mudah dalam hal pengelompokkan laporan yang harus selalu diperhatikan.

Dengan laporan tersebut, Anda bisa mengetahui apakah perusahaan yang dimiliki tersebut mengalami kenaikan atau mungkin bahkan mengalami penurunan. Sehingga, Anda bisa mengambil tindakan yang lebih tepat untuk bisa diterapkan pada periode setelahnya.

Kapan Menggunakan Aplikasi Stock Opname?

Aplikasi stok barang bisa Anda gunakan setiap hari untuk memantau ketersediaan barang yang berada di gudang. Kegiatan pengontrolan stok barang memang sangat penting untuk mendukung keberlangsungan bisnis, sehingga harus sering dilakukan. Umumnya, Anda perlu melakukan pengontrolan secara lebih mendalam dalam beberapa periode.

Anda bisa memilih untuk menghitung kembali persediaan barang per tahun, per kuartal (4 bulan) ataupun per triwulan (3 bulan). Akan tetapi, Anda juga bisa melakukannya setiap bulan sekali, sehingga barang di gudang tidak kehabisan saat sedang dibutuhkan. Namun pada umumnya, tempat bisnis dari berbagai tingkatan mengecek barang selama 3 hingga 4 bulan sekali.

Jika memiliki usaha yang tergolong besar dan memiliki banyak barang, Anda bisa terbantu dengan adanya aplikasi stok barang ini. Hanya dengan scan barcode pada smartphone maupun perangkat lainnya, Anda sudah bisa mendapat informasi terkait persediaan barang tersebut. kini, saat tidak sedang berada di gudang pun, Anda bisa mengetahui bagaimana persediaan barang.

Nah, setelah mengetahui informasi terkait aplikasi stock opname ini apakah anda tertarik untuk menggunakannya juga? Aplikasi stok barang telah dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang membuat proses pengontrolan jadi lebih mudah dibanding cara manual. Karenanya, anda sangat direkomendasikan untuk menggunakan aplikasi stok barang, supaya bisa mengontrol barang secara lebih efisien.

Cara Download ML Mod APK Versi Terbaru 2021

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata