logo


Yakini Taliban Akan Menang, PBNU: Jadi Pembangkit Semangat Kelompok Radikal di Indonesia

Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj mengatakan bahwa kelompok radikal akan mengklaim bahwa Tuhan telah membelanya.

21 Agustus 2021 06:00 WIB

Said Aqil Siroj
Said Aqil Siroj Nu.or.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Said Aqil Siradj meyakini bahwa kemenangan kelompok Taliban yang menguasai Afghanistan menjadi motivasi bagi kelompok radikal di Indonesia untuk bangkit.

Hal tersebut, ia sampaikan dalam webinar 'Langkah Nyata Merajut Kebinekaan NKRI' yang disiarkan di NU Channel, Jumat (20/8/2021).

"Taliban menang ini akan pasti, akan dijadikan motivasi, membangkitkan semangat di [kelompok] radikal Indonesia ini," kata Said.


'Warning' buat Taliban, NATO: Kami Tak Akan Membiarkan Teroris Mengancam Kami

Meski tidak menjelaskan secara detail kelompok radikal mana yang dimaksud. Ia mengatakan bahwa kelompok radikal tersebut akan mengklaim bahwa Tuhan telah membelanya.

"Mereka pasti bilang 'tuh liat Tuhan telah membela Taliban, sekarang bisa menang, mari kita bangkit, Tuhan akan membela kita'. Pasti akan terjadi seperti itu," ujarnya.

Lebih lanjut, Said mengingatkan bahwa kondisi di Indonesia berbeda dengan Afghanistan. Indonesia yang terdiri dari berbagai suku dan agama bisa hidup berdampingan dengan damai. Menurutnya, itulah yang membuat Indonesia dipuji oleh banyak negara.

"Afghanistan itu hanya 7 suku, 100 persen muslim. Tapi 40 tahun kerap dilanda perang saudara. Tapi yang namanya hanya karena politik itu perang sampai 40 tahun," pungkasnya.

 

Dievakuasi dengan Pesawat TNI AU, 26 WNI dari Afghanistan Tiba di Halim Perdanakusuma

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati