logo


Soroti Habib Bahar-Ryan Jombang, PKB: Anehnya Ada Warga Binaan yang Punya Duit Jutaan Rupiah

Cucun mengatakan bahwa Kepala Lapas dan jajarannya harus menegakkan tata tertib dalam lapas

20 Agustus 2021 14:15 WIB

Sekretaris Fraksi PKB Cucun Ahmad Syamsurijal
Sekretaris Fraksi PKB Cucun Ahmad Syamsurijal dok. fraksipkb.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Politikus PKB, Cucun Ahmad Syamsurijal, menyoroti pemukulan yang dilakukan Habib Bahar bin Smith terhadap Very Idham Henyansyah alias Ryan Jombang. Cucun menyoroti kasus pemukulan dan kepemilikan uang jutaan rupiah.

"Kami melihat ada dua hal yang perlu dicermati dari kasus mencuatnya dugaan pemukulan antar warga binaan di Gunung Sindur. Pertama kasus pemukulan itu sendiri dan kedua kasus kepemilikan uang hingga jutaan rupiah, sehingga sampai terjadi transaksi pinjam meminjam yang memicu perselisihan antar warga binaan," ujar Cucun kepada wartawan, Jumat (20/8).

Cucun mengatakan bahwa Kepala Lapas dan jajarannya harus menegakkan tata tertib dalam lapas.


Laporkan Habib Bahar, Pihak Ryan Jombang Serahkan Bukti ke Bareskrim Polri

"Lapas merupakan tempat pembinaan warga yang melakukan pelanggaran hukum, sehingga saat mereka kembali ke masyarakat bisa berperilaku lebih baik lagi. Di sini dibutuhkan ketegasan Kepala Lapas dan jajarannya untuk menegakkan tata tertib di dalam lapas, sehingga tidak terjadi berbagai penyimpangan yang bisa mencederai kepercayaan warga binaan terhadap hukum itu sendiri," katanya.

Anggota Komisi III DPR RI ini menyoroti kepemilikan uang oleh warga binaan. Menurutnya, hal ini harus ditelusuri.

"Anehnya dalam kasus ini ada warga binaan yang punya duit hingga jutaan rupiah, sehingga terjadi transaksi pinjam-meminjam yang memicu perselisihan di kemudian hari. Ini harus ditelusuri kenapa sampai bisa terjadi," sebut Cucun.

"Dari mana seorang warga terpidana dapat uang, bagaimana cara memasukannya ke lapas, lalu digunakan transaksi apa saja selama dalam lapas. Ini penting karena bisa saja ada barang selain uang yang harusnya dilarang tapi mudah keluar masuk Lapas," imbuhnya.

Cucun berharap dengan adanya kasus ini maka dilakukan evaluasi. Menurutnya, kasus ini bisa mempengaruhi kepercayaan publik terhadap kinerja institusi negara.

"Kami berharap ada evaluasi menyeluruh kenapa kasus ini terjadi. Kasus ini bisa mempengaruhi kepercayaan publik pada kinerja institusi negara, dalam hal ini Kemenkumham, untuk benar-benar melakukan pembinaan bagi para terpidana sehingga menjadi anggota masyarakat lebih baik di kemudian hari," pungkasnya.

Soroti Jotosan Habib Bahar-Ryan Jombang, PPP: Bisa Jadi Hilangnya Hak Remisi

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata