logo


Elektabilitas PDIP Tertinggi, Survei SPI: Unggul 18,9 Persen

Survei SPI dilakukan pada tanggal 5-17 Juli 2021. Sebanyak 1.240 responden diwawancarai secara langsung

19 Agustus 2021 20:25 WIB

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM -  Lembaga survei Spektrum Politika Institute (SPI) baru saja merilis tingkat elektabilitas sejumlah partai politik. Dari hasil survei tersebut, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memiliki tingkat elektabilitas paling tinggi daripada partai politik lain.

"Dari hasil survei yang dilakukan, PDI Perjuangan masih unggul dengan dukungan suara sebesar 18,9 persen," kata Direktur Data dan Riset SPI Andri Rusta dalam keterangan tertulis, Kamis (19/8/2021).

Sementara nomor kedua ditempati oleh Gerindra dengan tingkat elektabilitas sebesar 11,7 persen. Selanjutnya nomor tiga yakni PKB dengan elektabilitas 7,9 persen, Golkar 6,7 persen, serta PAN 6,2 persen.


Tantang Pengkritik Temui Jokowi soal Penanganan Covid, Megawati: Kegagalannya di Mana?

Andri pun mengatakan ada hal yang menarik dari PAN yang masuk kelima besar partai politik dengan elektabilitas tertinggi. Pasalnya, kata dia, PAN adalah partai koalisi dengan jumlah kader di DPR yang sedikit.

"Masuknya PAN di peringkat lima besar ini memang menarik, karena PAN bukanlah partai koalisi pemerintah yang mendominasi DPR," ujarnya.

Kemudian pada urutan keenam ada Partai Demokrat dengan tingkat elektabilitas 6,1 persen, PKS 5,8 persen, NasDem 4,1 persen, serta PPP 3,6 persen.

Diketahui, survei SPI dilakukan pada tanggal 5-17 Juli 2021. Sebanyak 1.240 responden diwawancarai secara langsung. Margin of error survei ini sebesar 2,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Junimart Girsang Pastikan PDIP dan MKD Akan Tindak Lanjuti Dugaan Pelanggaran Etik Arteria Dahlan

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati