logo


Presiden Ceko: Musuh NATO Bukan Rusia, Tapi...

Presiden Ceko menyalahkan NATO yang mengalami kegagalan dalam meredam pergerakan Taliban di Afghanistan

18 Agustus 2021 21:50 WIB

Presiden Republik Ceko, Milos Zeman
Presiden Republik Ceko, Milos Zeman RT.com

PRAHA, JITUNEWS.COM - Musuh NATO bukanlah Rusia, melainkan organisasi terorisme internasional. Hal tersebut disampaikan oleh Presiden Republik Ceko, Milos Zeman, pada Selasa (17/8), menanggapi kegagalan pasukan koalisi pimpinan AS dalam mengalahkan kelompok militan Taliban di Afghanistan.

"Musuh NATO bukan Rusia, tapi terorisme internasional," kata Zeman, dikutip RT.com

Komentar Zeman tersebut senada dengan pernyataan yang disampaikan oleh Presiden Perancis Emmanuel Macron pada November tahun lalu. Saat itu, Macron mendesak para pemimpin NATO untuk mengalihkan fokus mereka dari Rusia dan China, dan menyebut jika terorisme adalah musuh semua negara di dunia.


Negara Barat Nggak Akan Bisa Lanjutkan Operasi Militer di Afghanistan Tanpa AS

Zeman juga menyalahkan NATO yang secara dramatis mengalami kegagalan di Afghanistan. Meski demikian, ia mengaku mendukung perang dan operasi militer dalam rangka menghancurkan terorisme Islam. Zeman mengklaim bahwa ia sudah memberitahu Donald Trump dan Joe Biden jika rencana penarikan mundur pasukan adalah sebuah tindakan "pengecut".

"Legitimasi eksistensi blok (NATO) saat ini dipertanyakan," imbuhnya.

Kritikan atas NATO tersebut muncul beberapa hari usai para pejuang Taliban berhasil merebut ibukota Kabul dan mengambil alih pemerintahan Afghanistan, atau kurang dari satu bulan sebelum batas waktu penarikan pasukan AS berakhir.

Tolak Pengungsi Asal Afghanistan, Mendagri Austria: Tidak Ada Alasan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia