logo


Airlangga Sebut Piagam Madinah Punya Kesamaan dengan Pancasila

Pancasila mengandung nilai yang harus dijadikan ruh dan spirit dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara.

15 Agustus 2021 04:15 WIB

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto\n\n
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dok. Kemenperin

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto menyebut Piagam Madinah mempunyai kesamaan dengan Pancasila. Menurutnya, Pancasila sebagai perekat bangsa, nilai gotong-royong, kekeluargaan perlu diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

"Piagam Madinah seperti yang saya jelaskan, sesungguhnya memiliki kesamaan dengan Pancasila sebagai kesepakatan luhur bangsa kita,” kata Airlangga.

Pancasila, ujar dia, mengandung nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, musyawarah, dan keadilan sosial yang harus dijadikan ruh dan spirit dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara.


Baliho Puan-Airlangga-Cak Imin Bertebaran, Pakar Komunikasi: Masyarakat Jenuh, Muak

Hal ini disampaikan dalam acara 'Indonesia Bersholawat: Merdeka dan Hijrah dari Covid-19' yang disiarkan secara virtual di Youtube, Sabtu malam (14/8).

Airlangga lantas mengajak masyarakat untuk hijrah dan merdeka dari pandemi Covid-19. Pandemi ini, lanjut dia, harus dimaknai dengan perubahan perilaku dan adaptasi baru.

“Saatnya kita berhijrah menuju lompatan kemajuan bangsa, menuju merdeka dari Covid. Hijrah kita maknai dengan mengubah perilaku, melakukan adaptasi dan terus berdisiplin menjalankan protokol kesehatan, menggunakan masker dan selalu menjaga kebersihan,” tuturnya.

Elektabilitas Airlangga Naik, Golkar: Jangan Diartikan Efek Baliho Tidak Ada

Halaman: 
Penulis : Iskandar