logo


Luhut: Kelemahan Kita Itu Karena Isoman di Rumah Terlalu Banyak

Luhut mengatakan bahwa vaksinasi dan isoter sangat penting untuk meminimalisir kematian akibat Covid-19.

14 Agustus 2021 17:00 WIB

Luhut Binsar Pandjaitan
Luhut Binsar Pandjaitan Ist

BOGOR, JITUNEWS.COM - Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan bahwa banyaknya pasien positif Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri melemahkan penanganan yang dilakukan pemerintah. Menurut Luhut isolasi terpadu (isoter) adalah solusi terbaik mendukung penanganan Covid-19.

"Kelemahan kita itu karena isoman (isolasi mandiri) di rumah terlalu banyak. Kalau kena, paling bagus itu masuk isoter. Karena di isoter itu semua ada. Dokternya ada, makannya bagus, obatnya cukup, pemeriksaan lainnya bagus," kata Luhut di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (14/8).

Luhut mengatakan bahwa vaksinasi dan isoter sangat penting untuk meminimalisir kematian akibat Covid-19.


Asal Usul Covid-19 Masih Misteri, WHO Kembali Minta China Sediakan Akses Data bagi Peneliti

"Vaksin ini sangat penting. Kenapa? Orang yang masih kena oleh delta varian, tapi sudah disuntik vaksin, kemungkinan meninggalnya itu kecil, jadi nol koma sekian persen. Tapi orang yang belum suntik itu kemungkinan meninggalnya tinggi," katanya.

"Dan rata-rata yang meninggal itu kebanyakan belum disuntik. Kalau ada yang meninggal itu sesudah disuntik, rata-rata punya komorbid atau dibawa ke rumah sakitnya terlambat," lanjut Luhut.

Pedagang Angkringan Gugat Presiden Jokowi soal PPKM, Iwan Fals: Kesadaran Hukum Kita Membaik Kayaknya

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata