logo


7+ Software Pembukuan Perusahaan Terbaik untuk Pendataan yang Efektif

Software pembukuan perusahaan dirancang dengan teknologi canggih untuk memudahkan proses pengolahan data perusahaan

13 Agustus 2021 15:21 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Software pembukuan perusahaan dirancang dengan teknologi canggih untuk memudahkan proses pengolahan data perusahaan. Software pembukuan menjadi suatu hal yang sangat penting di perusahaan. Di zaman teknologi seperti saat ini, rasanya cukup rumit jika sistem keuangan perusahaan dikelola secara manual.

Apalagi jika bisnis yang dijalankan jumlahnya lebih dari 1, tentu banyak pula urusan pembukuannya. Karena itu, Anda bisa menggunakan software pembukuan perusahaan, supaya pengaturan data bisa lebih cepat dan sistematis. Software untuk urusan akuntansi ini bisa ditemukan dengan mudah karena sudah banyak beredar.

Rekomendasi Software Pembukuan Perusahaan Terbaik untuk Bisnis


Pendapatan Paruh Pertama Turun Hampir 30 Persen, Huawei: Tujuan Utama Kami Hanya untuk 'Survive'

Seperti yang kita ketahui bersama, di zaman teknologi canggih seperti saat ini, sudah tersedia banyak inovasi software pembukuan terbaru. Hadirnya teknologi canggih membuat kegiatan bisnis jadi semakin mudah, dan keinginan untuk membuka usaha semakin besar. Karenanya, tidak sedikit oknum tidak bertanggung jawab yang membuat software ilegal.

Penggunaan software pembukuan perusahaan yang ilegal bisa sangat merugikan pihak perusahaan, seperti data privat perusahaan yang tersebar. Selain itu, perangkat yang digunakan pun berpotensi terkena virus. Gunakanlah software legal dan terpercaya untuk urusan keuangan perusahaan Anda.

Berdasarkan berbagai sumber terpercaya, terdapat beberapa software pembukuan terbaik yang bisa digunakan untuk mempermudah pengelolaan data perusahaan. Berikut daftar rekomendasi Software pembukuan perusahaan terbaik dan terpercaya yang aman digunakan.

1. Jurnal.id

Jurnal.id menjadi software pembukuan perusahaan dan bisnis yang cukup lengkap dan mampu memberikan banyak keuntungan. Software ini bisa diakses melalui smartphone dan PC atau laptop dengan mudah. Berbagai fitur laporan keuangan yang dijelaskan lebih lanjut di halaman situsnya https://www.jurnal.id/id/fitur/laporan-keuangan-bisnis/ mampu memberikan informasi ringkasan data keuangan terkini dan performa bisnis.

Fitur yang tersedia di Jurnal.id mampu menghasilkan laporan yang komprehensif, akurat, dan cepat. Selain itu, data yang dibuat bisa diubah dengan mudah ke format file lainnya, seperti Excel, dan Pdf. Tidak hanya menguntungkan dalam mengelola keuangan, software ini bahkan bisa membantu Anda menentukan strategi bisnis yang terbaik.

Jurnal.id tersedia dalam versi berbayar dengan masa coba gratis selama 14 hari. Software pembukuan perusahaan ini memiliki laporan keuangan yang komprehensif, dan informasi perkembangan bisnis yang real time. Data transaksi bisnis bisa lebih aman karena akses user di Jurnal.id dapat dibatasi.

Jurnal.id juga telah berbasis Cloud, sehingga bisa diakses dengan mudah melalui berbagai media, kapan dan dimana saja. Software pembukuan ini juga telah terhubung dengan berbagai sistem pembayaran online, dan bank, sehingga memudahkan pengguna dalam bertransaksi. Selain itu, Jurnal.id juga bisa menghasilkan laporan keuangan yang dibutuhkan.

Fitur pada Jurnal.id terdiri dari fitur yang lengkap, beberapa diantaranya adalah laporan bisnis dan keuangan, akuntansi, dan invoice. Tidak hanya itu, tersedia juga fitur biaya dan anggaran, produk dan inventory, perpajakan, dan mobile app. Jika Anda ingin melakukan semua aktivitas bisnis dengan lebih praktis dan optimal, jurnal.id bisa menjadi software yang patut dicoba.

2. SAP Success Factor

SAP Success Factor merupakan software pembukuan perusahaan yang berasal dari Jerman dan telah memiliki banyak pengguna di seluruh dunia. Software berbasis Cloud ini bisa digunakan melalui berbagai perangkat dan telah dilengkapi fitur-fitur menarik yang menguntungkan. Dalam urusan perusahaan, software ini mampu mendukung perencanaan serta pengelolaan keuangan perusahaan secara optimal.

Selain perusahaan, software pembukuan asal Jerman ini juga cocok digunakan dalam usaha bisnis untuk mengatur anggaran. Dengan menggunakan SAP Success Factor, laporan keuangan bisa diperoleh secara akurat dan realtime. Software pembukuan ini juga telah dilengkapi dengan fitur manajemen keuangan dan kredit, serta terintegrasi dengan beberapa bank.

3. Quickbooks

Software pembukuan bernama Quickbooks ini bisa digunakan untuk membuat faktur dengan lebih mudah dan variatif. Faktur yang dibuat menggunakan Quickbooks dapat digunakan sebagai laporan keuangan. Beberapa laporan tersebut adalah laporan penjualan, laporan pembelian, dan laporan laba rugi.

Selain itu, Quickbooks juga bisa memungkinkan Anda untuk membuat laporan laba rugi sesuai dengan pengelompokan transaksi pendapatan. Software ini juga sudah banyak digunakan karena mampu menghemat waktu pada proses pembukuan. Pemantauan inventaris dan profit bisnis serta pengelolaan tagihan juga bisa dilakukan dengan mudah. Anda bisa menikmati berbagai fitur pembukuan Quickbooks melalui sistem berbayar.

4. EQUIP

Software pembukuan perusahaan selanjutnya yang direkomendasikan adalah EQUIP. Software pembukuan asal Singapura ini memiliki fitur pembukuan yang cukup lengkap dan sudah digunakan di berbagai jenis usaha dan perusahaan. Software pembukuan ini telah dilengkapi dengan fitur fungsional, seperti pengelola faktur, perhitungan pajak, dan pembayaran nota kredit. EQUIP juga bisa digunakan untuk membuat laporan keuangan dan dilengkapi dengan fitur mata uang multi negara.

Fitur mata uang multi negara pada software ini telah terintegrasi dengan akun bank, sehingga lebih mudah saat digunakan. EQUIP bisa diakses dengan berbagai perangkat dengan mudah karena telah menggunakan sistem Cloud. Pemantau kondisi keuangan perusahaan bisa dilakukan dengan kapan saja dengan EQUIP karena telah berbasis Cloud. Adanya kemudahan kostumisasi, dan integrasi payroll bisa membuat Anda lebih mudah dalam mengatur keuangan perusahaan.

5. Book Keeper

Book Keeper merupakan software pembukuan perusahaan maupun bisnis yang menawarkan pengelolaan sistem keuangan secara efektif dan efisien. Tampilan dan cara pengoperasian Book Keeper cukup mudah untuk dimengerti. Book Keeper tersedia dalam versi berbayar, dengan masa uji coba gratis selama 30 hari. Akan tetapi, software pembukuan ini belum tersedia dalam bahasa Inggris maupun Indonesia, hanya bahasa Rusia.

6. Zoho Books

Zoho Books merupakan software akuntansi yang bisa diakses melalui smartphone maupun PC atau laptop secara gratis. Zoho Books dapat digunakan dimana saja dan tersedia dalam versi bahasa Indonesia. Melalui software pembukuan ini, Anda bisa menikmati fitur-fitur fungsional, seperti pelacakan waktu dan fungsional kontak.

Software akuntansi ini cocok digunakan untuk mengelola keuangan bisnis dan perusahaan secara lebih optimal. Anda bisa memilih software versi berbayar untuk menikmati berbagai fitur canggih dari Zoho Books. Tampilan Zoho Books cukup menarik, dan cara penggunaanya pun mudah dipahami, sehingga software ini juga recommended bagi pengusaha pemula.

7. Wave

Wave merupakan software pembukuan yang berasal dari Amerika Serikat yang bisa digunakan untuk pengelolaan data keuangan. Software ini memiliki tampilan yang menarik, serta memiliki fitur menarik, seperti pengiriman invoice.

Tidak hanya itu, Wave juga memungkinkan Anda untuk bisa melakukan pencatatan keuangan dan membuat kwitansi online. Wava sudah memiliki fitur yang lengkap sehingga Anda tidak perlu lagi melakukan instalasi. Namun sayangnya, beberapa fitur yang tidak bisa diakses, dan penggunaannya bisa terasa aneh karena memang didesain khusus untuk USA.

8. Cloudbooks

Software pembukuan berikut yang bisa dicoba adalah Cloudbooks. Software ini tersedia dalam 2 versi dengan layanan yang memiliki beberapa perbedaan, yakni versi gratis dan berbayar. Cloudbooks versi gratis bisa digunakan untuk menambah pengguna, melacak pengeluaran, membuat faktur, dan membuat proyek.

Sedangkan pada Cloudbooks versi berbayar, Anda bisa mengakses pembayaran di invoice secara online, dan mendapat fasilitas pengiriman invoice. Cloudbook juga memiliki cara pendaftaran yang mudah, akan tetapi belum tersedia dalam bahasa Indonesia.

9. Software Pembukuan Perusahaan MYOB

MYOB atau Mind Your Own Business merupakan software pembukuan perusahaan yang dirilis oleh Australia untuk usaha bisnis dan perusahaan. Fitur pada software ini sudah saling terintegrasi sehingga dapat memudahkan Anda dalam mengatur keuangan. MYOB memiliki beragam fitur canggih dan menarik yang bisa digunakan secara online untuk mempermudah pembukuan bisnis perusahaan.

MYOB bisa Anda gunakan dengan sistem berbayar, dengan harga yang berbeda-beda, tergantung paket yang dipilih. Jika ingin menggunakan software ini, maka Anda harus menyesuaikannya dengan laporan keuangan dan perpajakan bisnis secara manual. Hal tersebut dikarenakan, software MYOB belum dilengkapi perpajakan Indonesia dan PSAK.

Keuntungan Menggunakan Software Pembukuan Perusahaan

Diciptakannya Software Pembukuan Perusahaan bertujuan untuk mempermudah urusan pengelolaan data bisnis yang dijalankan perusahaan. Kemudahan yang bisa didapat dari software pembukaan cukup banyak dan beragam. Selain itu, Anda juga bisa memilih untuk mengakses software berbayar maupun gratis.

Manfaat utama yang bisa didapat dari penggunaan aplikasi pembukuan perusahaan adalah berkurangnya biaya pengeluaran. Dengan hadirnya software ini, perusahaan bisa lebih efektif dan efisien dalam merekrut pekerjanya, sehingga pengeluaran bisa berkurang. Manfaat berikut, data privat perusahaan, khususnya data keuangan, bisa lebih aman karena bisa tersimpan secara otomatis. Data perusahaan juga bisa terhindar dari risiko hilang ataupun disebarluaskan.

Jika sedang berada di luar kota, Anda tetap bisa mendapatkan informasi terupdate tentang bisnis perusahaan. Data bisa tersimpan secara otomatis ke sistem karena software sudah menggunakan sistem Cloud. Dengan sistem Cloud, Anda bisa mendapat informasi dari software secara realtime. Software ini bisa membuat Anda mengetahui informasi terbaru tanpa harus menunggu atau mendapat berita dari karyawan.

Pentingnya Software Pembukuan Perusahaan untuk Mengelola Data Bisnis Perusahaan

Software pembukuan sangat penting, karena dapat meminimalisir kekeliruan yang dilakukan saat mengolah data. Kekeliruan dalam proses pembukuan sepertinya bukan hal baru, mengingat sistem pembukuan memang terbilang rumit. Untuk menghindari kekeliruan yang terjadi akibat kerumitan data, maka gunakanlah software pembukuan. Software pembukuan dapat bekerja secara otomatis, sehingga kesalahan pengisian data bisa lebih minim.

Software pembukuan juga dapat mempercepat serta mempermudah semua pekerjaan yang berkaitan dengan keuangan. Jika dulu proses pengerjaan data keuangan dilakukan dalam waktu lama, maka kini proses tersebut bisa lebih cepat dan otomatis. Hanya dalam hitungan detik, data keuangan bisa selesai diproses. Selain cepat, sistem pembukuan tersebut juga bisa terselesaikan dengan baik, benar, dan rapi.

Penggunaan software pembukuan perusahaan memang dapat memberikan banyak manfaat bagi proses pengelolaan data keuangan perusahaan. Namun, Anda tetap harus memilih software terbaik dan terjamin legalitasnya untuk digunakan. Software dengan fitur yang lengkap bisa menjadi pilihan terbaik, sehingga berbagai proses data hanya dilakukan pada 1 software.

Dengan begitu, Anda juga bisa lebih menghemat pengeluaran untuk pembelian paket software pembukuan. Saat ini memang telah tersedia software gratis, namun akan lebih baik jika Anda menggunakan software berbayar. Software pembukuan berbayar memiliki fitur yang lebih lengkap dan canggih, sehingga proses data bisa berlangsung lebih optimal.

5 Laptop Terbaik dengan Spesifikasi Terbaru

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata