logo


Ganjar Tertinggi di Survei Tapi Tersulit Nyapres, Charta Politika: Harus Sangat Berhati-hati

Ganjar dinilai sulit bermanuver menyangkut pilpres karena harus tunduk dengan keputusan partai.

13 Agustus 2021 11:52 WIB

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo beritasatu

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya mengatakan bahwa Ganjar Pranowo berada di posisi teratas orang yang berpeluang maju di Pilpres 2024 berdasarkan survei yang dilakukan oleh lembaganya. Sementara itu, urutan kedua ditempati oleh Anies Baswedan dan disusul oleh Prabowo Subianto.

Dari ketiga nama tersebut, Yunarto mengatakan bahwa Prabowo Subianto adalah orang yag paling mudah maju di Pilpres 2024. Pasalnya, Prabowo mempunyai elektabilitas mumpuni dan merupakan Ketua Umum Partai Gerindra.

"Kalau ditanya siapa? Pak Prabowo paling mudah, karena Pak Prabowo punya dua faktor tersebut, dia ketum partai, dia punya elektabilitas," kata Yunarto kepada wartawan, Jumat (13/8/20201.


Ngaku Cocok Dampingi Anies di Pilpres 2024, Novel Bamukmin: Saya Pernah Jadi Caleg Fenomenal

Selanjutnya, kata dia, yang paling mudah maju di Pilpres 2024 yakni Anies Baswedan. Ia mengataan bahwa posisi Anies yang merupakan non kader akan lebih mudah menjalin komunikasi dengan banyak partai.

Sementara, Ganjar disebut paling sulit nyapres meski memiliki elektabilitas yang paling tinggi. Ganjar dinilai sulit bermanuver menyangkut pilpres karena harus tunduk dengan keputusan partai.

"Mas Ganjar kondisinya kan harus sangat berhati-hati, karena dia kader PDIP, jelas begitu kan, yang harus tunduk pada keputusan partai, manuver malah bisa dijalankan oleh seoran Anies atau RK (Ridwan Kamil), karena keduanya tidak terikat kode etik partai sama sekali," lanjutnya.

Anies-Novel Berpeluang Menangi Pilpres 2024, Eko Kuntadhi: Cebong Gak Akan Dikasih Tempat di Indonesia

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati